Wanita selama kehamilannya harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya, karena hal ini penting bagi si ibu hamil itu sendiri maupun bagi perkembangan janinnya. Nutrisi dan gizi seimbang selama kehamilan akan mempengaruhi tumbuh kembang si anak kelak. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sepeti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat.

Terdapat beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan nutrisinya, misalnya ikan, telur dan buah-buahan. Selain itu juga ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, misalnya ikan laut yang mungkin mengandung merkuri dan buah yang bersifat panas di perut dan mengandung alkohol, misalnya durian & nangka, atau buah-buahan yang masih muda, misalnya nanas muda dan pepaya muda.

Berikut adalah 9 jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Telur

Telur mengandung banyak nutrisi, seperti protein yang sangat penting semasa kehamilan, dan telur hanya mangandung sedikit kalori. Telur juga mengandung kolin dan asam lemak omega-3 yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan penglihatan janin, serta membantu mencegah bayi cacat lahir.

Oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi wanita hamil untuk mengonsumsi telur ayam satu butir setiap hari. Jika anda khawatir akan kolesterol yang ditemukan secara alami dalam telur, maka anda bisa mengkonsumsi hanya putih telurnya saja.

2. Ikan

Ikan memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil, misalnya salmon, herring, dan sarden mengandung protein, asam lemak omega-3 , DHA dan EPA, yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan tersebut dapat mengoptimalkan pertumbuhan neurologis dan penglihatan pada janin, yang selanjutnya akan berpengaruh pada kecerdasan bayi dan anak.

Bagi ibu hamil, memakan ikan memiliki banyak manfaat antara lain bisa mencegah hipertensi, menghindari persalinan prematur, meningkatkan sistem imun, menyehatkan jantung, mengurangi depresi, mencegah keguguran, menguatkan otot janin dan lain-lain.

Meski ikan merupakan makanan terbaik bagi ibu hamil, beberapa jenis ikan mungkin tidak baik dikonsumsi, misalnya ikan yang memiliki racun alami dalam tubuhnya seperti ikan buntal atau ikan kembung. Juga ikan yang mungkin mengandung merkuri, biasanya ikan yang berukuran besar dan umurnya tua, misalnya ikan todak, ikan hiu, ikan marlin dan ikan makarel raja. Ada juga beberapa jenis ikan karang dengan kandungan merkuri tinggi semisal kerapu.

3. Buah-buahan

Aneka buah-buahan, selain warna-warninya yang sangat menarik seperti apel, pisang, buah naga, jeruk, mangga, manggis, alpukat dan lain-lainnya, juga memiliki kandungan nutrisi yang angat baik untuk ibu hamil.

Misalnya, alpukat mengandung asam folat yang cukup tinggi yang bermanfaat dalam perkembangan otak dan tulang belakang sang janin, selain itu dalam alpukat juga terdapat vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi ibu hamil dalam mengurangi morning sickness pada trisemester pertama.

Kandungan vitamin C di semua buah-buahan tersebut sangat baik bagi ibu hamil, zat besi pada buah naga yang bermanfaat untuk mencegah anemia bagi ibu hamil. Kandungan vitamin B6, beta karoten, triamin dan niasin yang berperan dalam proses pembentukan jaringan sehat, membawa impuls syaraf, mempercepat regenerasi sel dan pembentukan jaringan tubuh pada janin.

Meski demikian terdapat beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya dihindari ibu hamil karena dapat menyebabkan masalah bagi kandungan, seperti buah-buahan yang masih muda, buah yang bersifat panas di perut, dan buah yang mengandung alkohol. Buah tersebut misalnya nanas muda, pepaya muda, durian, nangka, cempedak, petai, jengkol, dan anggur.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak serat dan protein, oleh karena itu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan serat bermanfaat dalam membantu melancarkan proses pencernaan dan memelihara kesehatan saluran cerna ibu hamil.

Kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai merupakan 3 jenis kacang-kacangan yang sangat penting bagi ibu hamil karena kandungan nutrisnya yang melimpah, mereka memiliki kandungan nutrisi seperti serat, asam folat, kalsium, fosfor, lemak, vitamin B1 & B2, protein, dan karbohidrat. Semuanya memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil maupun bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

5. Berries

Berbagai jenis berry seperti blueberry, blackberry dan raspberry memiliki kandungan yang kaya dari vitamin C, serat, folat, kalium dan karbohidrat, yang semuanya sangat bermanfaat selama kehamilan, baik bagi ibu hamil maupun janin.

Berries mengandung antosianin yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sehingga dapat membantu kesehatan kulit sang ibu hamil.

6. Kenari

Kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-3, oleh karena itu kenari dapat menjadi camilan sehat bagi ibu hamil. Kacang kenari juga merupakan sumber pemasok protein dan serat bagi ibu hamil.

7. Ubi jalar

Ubi jalar sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini karena ubi jalar memiliki kandungan yang kaya akan serat, folat dan Vitamin C. Karotenoid dalam ubi jalar bisa dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita, dan jauh lebih aman daripada vitamin yang sama yang ditemukan dalam produk hewani.

Selain itu, ubi jalar mengandung banyak nutrisi lainnya yang sangat baik bagi ibu hamil dan janin, antara lain zat besi, kalium / potassium, dan Vitamin B6 yang bisa mencegah  morning sickness.

8. Yogurt

Yogurt yang telah dipasteurisasi kaya akan kandungan kalsium, yang sangat penting bagi ibu hamil. Selain itu yogurt mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting selama kehamilan untuk menunjang kesehatan ibu dan janin, antara lain: probiotik, protein, folat, Vitamin D, dan asam lemak omega-3.

Yogurt dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan usus sepanjang kehamilan, mengurangi resiko infeksi bagi ibu hamil dan janin, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

9. Sayuran berdaun hijau

Kangkung, sawi dan bayam merupakan sayuran yang memiliki kandungan kaya nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil. Sawi hijau misalnya mengandung Vitamin K yang bisa membantu dalam proses pembekuan darah ketika bayi lahir. Kandungan kolin di dalam sawi hijau juga dapat membantu ibu hamil untuk tidur lebih nyenyak dan membantu pergerakan otot dan juga persendian.

Sawi juga mengandung asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan janin dan memperbaiki mood ibu hamil.

loading...