Selain menyegarkan, semangka juga memiliki banyak kandungan mineral, vitamin, anti oksidan dan nutrisi, hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Itu adalah buahnya, ternyata kulit semangka juga bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena kaya kandungan nutrisinya. Caranya, kupas kulit semangka yang sudah dipisahkan dari buahnya dan makan selagi segar.

Kulit semangka mengandung banyak zat penting, yaitu berbagai anti oksidan, mineral dan vitamin. Kandungan vitamin E, vitamin C, dan protein yang cukup banyak pada kulit buah semangka dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, rambut, dan membuat rambut tampak berkilau. Sedangkan betakaroten dan likopen yang terdapat pada kulit buah semangka dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mengencangkan kulit wajah dan mencegah timbulnya keriput pada wajah.

Kulit semangka juga mengandung banyak citrulline, di mana lebih banyak ditemukan pada kulit semangka yakni sekitar 60 persen dibanding pada daging buahnya, dan terutama lebih tinggi kadarnya pada jenis semangka kuning. Zat citrulline ini diubah menjadi arginin, suatu asam amino non essensial yang berkhasiat tidak hanya bagi jantung dan kekebalan tubuh, tetapi menurut penelitian memiliki nilai terapi yang potensial pada lebih dari 100 masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat memakan kulit semangka:

1. Kaya nutrisi

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kulit semangka mengandung banyak nutrisi, antara lain mengandung zinc, kalium, magnesium, vitamin B6, vitamin A dan vitamin C. Kulit semangka juga mengandung antioksidan, yaitu citrulline yang berkhasiat bagi jantung dan kekebalan tubuh.

2. Mencegah kanker

Lycopene dikatakan dapat mencegah kanker yang berhubungan dengan leher rahim, kerongkongan, usus besar dan pankreas. Kulit semangka mengandung lycopene, kadar likopen pada kulit semangka mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merangsang percepatan penuaan pada kulit.

Sejumlah penelitian juga telah menemukan bahwa lycopene dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 34 persen.

3. Kaya serat

Kulit semangka mengandung serat yang dapat mencegah anda untuk makan berlebihan dan meningkatkan proses pencernaan, yang pada akhirnya akan membantu anda mencegah berat badan berlebihan. Kulit semangka juga bersifat diuretik, yang bisa membantu mengeluarkan kelebihan air dari tubuh.

4. Menormalkan tekanan darah

Kulit semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah, hal ini berkat kandungan citruline. Di dalam tubuh, citruline diubah menjadi arginine, suatu prekursor untuk oksida nitrat. Sejumlah oksida nitrat diperlukan untuk memungkinkan pembuluh darah tetap relaks dan terbuka lebar untuk aliran darah, yang merupakan salah satu alasan mengapa kulit semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Salah satu cara membuat ramuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi berbahan kulit semangka yaitu dengan cara menghaluskan kulit semangka yang putih hingga kulit paling luar dengan blender. Jus atau ramuan kulit semangka ini dapat diminum sehari sekali. Anda dapat menyaring airnya terlebih dahulu atau lebih baik tidak disaring dan dibiarkan dengan ampasnya juga. Karena ampasnya mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

5. Hindari penyakit jantung

Kulit semangka bagus untuk memperlancar peredaran darah karena adanya kandungan kalium dalam kulit semangka yang cukup tinggi. Kandungan kalium yang mampu memperlancar aliran darah ini, pada akhirnya dapat menjaga kerja jantung sehingga anda bisa terhindar dari penyakit cardiovascular (penyakit jantung).

6. Baik untuk ginjal & sistem urin

Kulit semangka memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Selain itu, dapat mempertahankan fungsi ginjal tetap normal, karena dapat meningkatkan produksi urin dan menjaga saluran kemih yang sehat.

Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas mengeluarkan racun. Kulit semangka mengandung senyawa asam amino sitrulin dan arginin, senyawa-senyawa tersebut dapat mendorong proses pembentukan urea pada organ hati. Efeknya sistem eksresi di ginjal akan lebih lancar. Jadi mengkonsumsi kulit semangka baik untuk membantu proses detoksifikasi di ginjal sehingga ginjal dapat bekerja dengan baik.

7. Meningkatkan libido

Kulit semangka juga diyakini dapat meningkatkan libido, hal ini karena kandungan citrulline pada kulit semangka. Di dalam tubuh, citruline diubah menjadi arginine, yang dapat mengatasi disfungsi ereksi dengan membantu merelaksasi pembuluh darah, termasuk yang memasok darah ke penis - dan itulah mengapa semangka kadang-kadang disebut sebagai viagra alami.

8. Mengobati jerawat

Kulit semangka mengandung likopen yang berguna dalam perawatan kulit yang berjerawat. Likopen merupakan antioksidan yang juga terdapat pada buah jeruk yang memiliki kemampuan dalam merawat sel kulit sehingga kulit tampak bersih alami.

Selain itu kulit semangka juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit wajah dengan cara membuatnya menjadi masker wajah sehingga wajah bisa kembali segar dan terasa lembut.

9. Mengatasi cacingan

Kulit semangka ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan cacing dalam usus, hal ini sangat cocok untuk mengatasi cacingan khususnya bagi anak-anak.

10. Mencegah anemia

Mencegah anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah serta meringankan dampak yang disebabkan oleh kurang darah tersebut seperti tubuh lemas, letih, mudah capek, pusing, dan lain-lain.

11. Meningkatkan energi

Ada yang mengatakan bahwa makan kulit semangka dapat meningkatkan energi ketika orang sedang olahraga atletik. Cobalah untuk memakan semangka dengan kulitnya sebelum anda memulai berolahraga. Meski demikian, khasiat kulit semangka bisa meningkatkan energi ini belum didukung bukti ilmiah dan masih sebatas anekdot.

loading...