Lada merupakan rempah-rempah yang, selain banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa aktif pada lada yang disebut piperin memiliki sifat anti flogistik, anti oksidan, anti diare, anti inflamasi, anti depresan, dan anti nociceptive, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan piperin ini lebih banyak pada lada hitam dibanding lada putih.

Lada juga mengandung minyak atsiri, pinena, kariofilena, lionena, filandrena alkaloid piperina, kavisina, piperitina, piperidina, dan minyak lemak. Rasa pedas pada lada disebabkan oleh senyawa yang disebut capsaicin.

Di pasaran terdapat lada hita dan lada putih, sebenarnya kedua jenis lada ini berasal dari tanaman yang sama, namun keduanya memiliki cara pemanenan dan pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan warna, tekstur, dan rasa berbeda yang memiliki khas masing-masing.

Lada memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu mengobati penyakit usus yang disebabkan oleh bakteri. Selain berfungsi menambahkan rasa ke dalam masakan dan meningkatkan pencernaan, lada juga dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, lada juga dapat meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung, meredakan kolik, perut kembung, mulas dan sembelit.

Berikut adalah beberapa manfaat lada hitam untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan:

1. Batuk dan pilek

Lada hitam merupakan rempah alami yang efektif dalam membantu menyembuhkan pilek dan batuk, hal ini karena lada memiliki sifat anti bakteri dan anti oksidan. Lada memberikan rasa hangat dan pedas pada tenggorokan dan membantu dalam melonggarkan dahak dan membersihkan hidung tersumbat dan batuk yang terakumulasi di sekitar tenggorokan serta dada.

2. Sakit tenggorokan

Lada bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, hal ini telah dikenal sejak lama. Jika anda sedang menderita sakit tenggorokan, cobalah untuk menambahkan bubuk lada hitam ke dalam teh anda dan minumlah selagi panas, lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil terbaik.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan bubuk lada ke dalam air hangat dan gunakan untuk berkumur, yang juga merupakan salah satu cara tercepat dan efektif untuk mengobati radang tenggorokan.

3. Meredakan masalah sinus

Lada hitam dapat berkhasiat untuk membersihkan hidung yang tersumbat. Capsaicin pada lada dapat membersihkan sinus, membantu melawan infeksi sinus dengan membersihkan saluran udara, mencegah pembentukan lendir pada hidung, dan efektif untuk mengurangi lendir yang tersisa. Tambahkan bubuk lada ke dalam teh hangat anda untuk memperoleh khasiatnya.

4. Anti depresan

Ternyata, kandungan piperine pada lada hitam dapat membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif yang meliputi penalaran, berpikir, dll dari otak. The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa piperin senyawa dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan depresi.

Untuk memperoleh khasiatnya, tambahkan lada hitam ke dalam makanan harian, baik sebagai bumbu masak ataupun dalam bentuk lainnya. Cara mudah lainnya tambahkan sejumput bubuk merica hitam pada teh panas anda, sebaiknya teh hitam, dan hiruplah uapnya. Hal ini dapat bertindak sebagai salah satu anti-depresan terbaik.

5. Membantu mencegah kanker

Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Studi lain juga menyarankan khasiat lada ini dalam memperlambat perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali. Akan lebih baik jika dalam mengkonsumsi lada adalah lada yang baru digiling.

6. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan piperin dalam lada dapat meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi untuk proses pencernaan yang lebih baik. Lada hitam juga mengurangi kembung dan gas pada usus setelah makan, sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena perut kembung dan nyeri atau yang dikenal dengan kolik. Menambahkan merica pada makanan, bukan bubuk cabai akan membantu meredakan perut kembung.
Karena menyebabkan berkeringat, lada juga dapat membantu menghilangkan racun melalui keringat.

7. Menurunkan berat badan

Lada hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat (dalam mengekstraksi semua nutrisi) makanan. Selain itu, lapisan luarnya yang mengandung fitonutrien yang kuat dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga menyebabkan keringat dan buang air kecil, hal sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semua kegiatan ini secara kolektif akan membantu dalam penurunan berat badan. Untuk penurunan berat badan yang efektif, taburkan merica di atas makanan.

8. Lada hitam sebagai anti ketombe

Lada hitam memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga dapat digunakan untuk membasmi ketombe. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok teh lada hitam yang telah hancur bersama dengan secangkir yogurt plain dan oleskan pada kulit kepala. Tinggalkan di sekitar setengah jam, kemudian bilas rambut dengan baik. Jangan gunakan shampoo dulu pada tahap ini. Kemudian cuci rambut dengan sampo. Jangan terlalu banyak menggunakan lada ini karena dapat menyebabkan kulit kepala terbakar.

Catatan:
Meski banyak manfaatnya bagi kesehatan, jangan mengkonsumsi lada secara berlebihan dan sebaiknya mengkonsumsi lada hitam dicampur bersamaan dengan makanan atau minuman lain. Asupan berlebihan lada hitam dapat menyebabkan sensasi terbakar parah di perut, menyebabkan masalah pencernaan, iritasi kulit dan pendarahan hidung. Ibu hamil dan menyusui juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi lada.

loading...