Kolesterol merupakan sejenis lemak yang dibuat oleh tubuh yang penting agar tubuh berfungsi normal. Tetapi jika berlebihan, yang biasanya didapat dari kolesterol yang berasal dari makanan, hal ini bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Tingginya kadar LDL atau kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab risiko penyakit jantung. Terlalu banyak kolesterol jahat dalam aliran darah dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. Saat ini 'status' kolesterol tinggi sudah lazim di masyarakat, hal ini sebanding dengan masalah jantung yang juga semakin meningkat.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, antara lain mempertahankan gaya hidup sehat, olahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat bagi jantung. Juga terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan di bawah ini tidak hanya akan menurunkan kadar kolesterol jahat tetapi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan ini dilengkapi dengan lemak tak jenuh, serat mudah larut dan asam lemak omega-3, yang semuanya bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat:

1. Almond

Almond kaya akan kandungan vitamin E, vitamin B kompleks, mineral, asam lemak omega 3, dan serat makanan yang diperlukan untuk otak dan tubuh yang sehat. Konsumsi secara teratur almond bisa membantu menjaga kadar kolesterol karena almond dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kandungan nutrisi penting dan serat dalam almond dapat menurunkan kolesterol jahat secara signifikan. Beberapa studi telah menemukan bahwa konsumsi harian buah kering yang luar biasa ini dapat mengurangi risiko penyakit koroner.

2. Oats dan barley

Oat dan barley adalah serat larut yang dianggap sangat efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat. Konsumsilah secara rutin semangkuk oatmeal dan barley dalam menu makanan anda untuk meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

3. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai makanan super luar biasa yang dipenuhi dengan senyawa penting yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Secangkir teh hijau yang baru diseduh dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Bahan aktif yang berperan dalam menurunkan kolesterol diduga adalah katekin yang akan mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus.

Catatan: Para ahli tidak menganjurkan minum teh hijau bagi pasien yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tingi. Dan, juga minum teh hijau secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan, cukup dua cangkir dalam sehari.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol, hal ini karena alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serat, senyawa penghambat penyerapan kolesterol (pitosterol), serta antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung (polifenol).

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun termasuk bahan makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Ada beberapa penelitian yang telah menemukan bahwa tingginya kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam tingkat kolesterol jahat.

Gantikan minyak goreng biasa dan gunakan minyak zaitun dalam menyiapkan makanan harian anda untuk mendapat makanan yang lebih sehat.

6. Jus jeruk

Hidangan super lezat ini sangat efektif dalam meningkatkan tingkat kolesterol baik dan menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam aliran darah. Hal ini karena buah ini sarat dengan vitamin C, yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, yang jika dikonsumsi selama 30 hari dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

Hampir semua jenis dari buah jeruk (lemon, jeruk nipis, jeruk manis) memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. Salmon

Salmon dilengkapi dengan asam lemak omega 3 yang bagus untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat. Selain itu, salmon memiliki protein di dalamnya, itu juga memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol LDL.

Mengkonsumsi jenis-jenis ikan yang mengandung omega 3 seperti salmon, tuna atau sarden dapat membantu mengurangi kolesterol dan mencegah terjadinya plak di arteri. Selain itu juga dapat menurunkan kadar trigliserida, jenis lemak dalam darah terkait dengan penyakit jantung.

8. Bawang putih

Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya yang menyengat. Supaya lebih mudah, bawang putih bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan yang enak, misalnya dibuat menjadi jus yang kaya manfaat.

9. Jus anggur

Riset yang dilakukan pada tahun 2004 oleh dr Jane Freedman dari Boston University Medical School menunjukkan, minum jus anggur dalam 14 hari berturut-turut akan menaikkan kadar HDL dan menurunkan kolesterol total.

10. Stroberi

Menurut hasil riset ilmuwan dari Università Politecnica delle Marche yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dalam buah stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya stroberi tapi hampir semua jenis buah berries memiliki kemampuan ini, misalnya blueberry dan raspberry.

loading...