Tuberkulosis atau TB adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri 'Mycobacterium tuberculosis'. TB terutama menginfeksi paru-paru, tetapi bisa menyebar ke organ-organ tubuh lainnya. Gejala TB terutama batuk berdahak yang berlangsung lebih dari 21 hari, gejala lainnya mencakup sesak napas, kelelahan, demam dan nyeri dada. Selain gejala tadi, pengidap TB biasanya juga akan kehilangan nafsu makan sehingga dapat mengalami penurunan berat badan yang disertai demam dan kelelahan.

Penyebab tuberkulosis adalah bakteri yang menyebar di udara melalui semburan air liur dari batuk atau bersin pengidap TB, yaitu bakteri Mycobacterium tuberculosis. Beberapa orang memiliki resiko yang lebih tinggi tertular TB dibanding orang lainnya, yaitu orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, misalnya pengidap HIV/AIDS, diabetes atau sedang menjalani kemoterapi; orang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi, pecandu narkoba, para perokok dan petugas medis yang sering berhubungan dengan pengidap TB.

Penyakit yang tergolong serius ini dapat disembuhkan dan jarang berakibat fatal jika diobati dengan benar. Penderita TB tentunya harus memiliki gizi yang baik dengan pemberian gizi atau makanan yang baik penderita TB dapat pulih dengan cepat.

Selain obat-obatan medis, terdapat juga beberapa jenis makanan atau minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita tuberkolosis, karena dapat membantu meringankan gejala atau bahkan mengobati TB. Berikut adalah beberapa herba yang baik dikonsumsi penderita TB:

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat obat, oleh karena itu bawang putih sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk TB. Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu mencegah dan membasmi bakteri penyebab tuberkolosis. Bawang putih juga memiliki senyawa yang dikenal sebagai allicin dan ajoene yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu bawang putih juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk memperoleh khasiat bawang putih dalam mengobati TB, makanlah beberapa siung bawang putih setiap hari atau anda dapat mencampurkan bawang putih yang telah dihancurkan(digeprek atau diblender) dengan segelas susu.

2. Kelor

Selain lezat dibuat sayur, daun kelor juga dikenal memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan di antaranya mencegah penyakit jantung, memiliki efek anti kanker, anti diabetes dan khasiat lainnya. Tetapi sangat sedikit orang mengetahui bahwa daun kelor juga dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita TB.

Daun kelor memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Sifat anti-inflamasi pada daun kelor dapat mencegah radang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri dan sifat antibakterinya akan membantu membasmi bakteri. Daun kelor juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Buatlah jus daun kelor dan campurkan dengan garam dan merica, konsumsilah setiap hari pada saat perut masih kosong, hal ini berkhasiat untukĀ  meringankan tuberkolosis dan gejala-gejalanya.

3. Lada hitam

Lada hitam sangat efisien dalam memerangi berbagai penyakit, termasuk TB. Lada hitam dapat membersihkan paru-paru, membuang keluar racun yang terakumulasi di dalamnya dan mengurangi nyeri dada yang disebabkan karena TB.

Lada hitam juga bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh bakteri dan batuk terus-menerus.

Untuk mendapatkan khasiatnya, goreng 8 - 10 biji lada hitam dengan menggunakan mentega dan tambahkan sejumput bubuk asafoetida dan biarkan hingga dingin. Bagi menjadi 3 bagian, dan makan ramuan ini setiap beberapa jam.

4. Teh hijau

Teh hijau sangat dikenal karena khasiatnya dalam menurunkan berat badan. Tetapi ternyata teh hijau juga bisa berkhasiat untuk mengobati tuberkolosis.

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna dalam menangkal radikal bebas dari tubuh dan menjaga kekebalan tubuh tetap prima. Teh hijau juga mengandung senyawa bernama polyphenol yang membantu membasmi bakteri penyebab tuberkolosis.

Untuk memperoleh khasiatnya, minumlah teh hijau dua kali dalam sehari, jangan berlebihan.

Catatan: Teh hijau, seperti teh lainnya, juga mengandung kafein yang dapat berpengaruh buruk bagi penderita TB jika diminum berlebihan. Teh hijau memiliki kandungan kafein sekitar 32 mg, sedangkan kafein kopi berkisar 212 mg. Jadi

5. Daun mint

Mint merupakan obat yang ampuh dalam melawan TB, sifat anti bakteri dalam daun mint akan membantu melawan bakteri penyebab tuber kolosis. Mint juga dapat membantu dalam melarutkan lendir dari paru-paru dan menjaganya agar tetap sehat.

6. Pisang

Pisang (buahnya) merupakan salah satu sumber yang kaya akan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bisa membantu mengurangi demam serta batuk yang disebabkan oleh TBC.

Selain buah pisangnya, ternyata bagian dalam batang pisang (sering juga disebut hatinya) juga bisa dibuat jus yang berkhasiat untuk meringankan gejala seperti batuk kronis, kelebihan lendir, keringat berlebih di malam hari dengan demam tinggi.

7. Jeruk

Jeruk dapat membantu menjaga paru-paru agar tetap sehat. Vitamin serta mineral yang terkandung dalam buah jeruk bisa meremajakan jaringan paru-paru. Juice buah jeruk bertindak seperti ekspektoran serta bisa mengurangi batuk. Jeruk bisa membantu mencegah infeksi sekunder akibat tuberkulosis, karena kemampuanya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan sedikit garam dan satu sendok makan madu pada segelas jus jeruk segar. Campur secara menyeluruh lalu minumlah ramuan ini dua kali sehari, satu gelas di pagi hari dan satu lagi di malam harinya.

loading...