Mentimun merupakan buah atau sayuran sehat yang murah meriah dan banyak tersedia sepanjang musim, sangat segar terutama di saat hari yang panas. Dimakan mentah secara langsung atau dibuat acar atau dibuat rujak atau sebagai pelengkap sayuran lainnya, mentimun tetap menyegarkan dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Buah dari keluarga Cucurbitaceae ini mengandung sekitar 95% air, jadi diandalkan untuk membantu tubuh tetap terehidrasi. Kandungan zat nutrisi lainnya antara lain vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium, mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga. Makan mentimun setiap hari dapat membantu dalam proses detoksifikasi dengan membilas racun berbahaya keluar dari tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat mentimun bagi kesehatan:

1. Melarutkan batu ginjal

Ketimun adalah obat alami untuk membersihkan ginjal, membilas dan melarutkan batu ginjal kecil.

Buah mentimun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih. Mengkonsumsi mentimun juga dapat membantu menyingkirkan asam urat yang berlebihan dalam tubuh dan mencegah pembentukan batu ginjal.

2. Anti-kanker alami

Kanker merupakan sesuatu yang menakutkan. Mentimun ternyata dapat membantu anda mempertahankan diri terhadap serangan kanker payudara, kanker rahim, dan kanker prostat.

Kandungan polifenol yang disebut lignan di dalam mentimun memeliki kemampuan dalam melawan kanker. Fitonutrien yang disebut cucurbitacins yang terdapat dalam mentimun juga memiliki kekuatan dalam melawan kanker. Hal ini merupakan salah satu manfaat kesehatan terbaik dari mentimun.

3. Menyembuhkan maag

Zat "pendinginan" yang terkandung dalam mentimun dapat menyembuhkan penyakit maag. Alkalinitas mentimun membantu menyembuhkan radang perut. Minum hingga dua gelas jus mentimun setiap hari untuk menghindarkan dariĀ  penyakit maag.

4. Mengatur tekanan darah

Sarat dengan kandungan serat, kalium dan magnesium; mentimun dikenal sangat membantu dalam menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Baik untuk tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah, mentimun sangat bermanfaat dalam mengatasi kedua masalah tekanan darah tersebut.

5. Rehidrasi tubuh

Mentimun mengandung 95 persen air. Pada saat cuaca panas dan kering, salah satu cara terbaik untuk tetap terhidrasi dan sehat adalah makan mentimun segar. Hal ini tidak hanya akan membantu memuaskan rasa lapar saja, tetapi juga akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan aman dari sengatan panas.

6. Meredakan sakit kepala

Anda menderita karena sakit kepala, cobalah makan mentimun. Kandungan vitamin B dalam mentimun bersama-sama dengan elektrolit dapat meredakan sakit kepala anda. Sakit kepala akibat mabuk juga dapat disembuhkan dengan mentimun, baik dimakan sebagai buah segar maupun dibuat jus. Hal ini akan menghidrasi tibuh anda dan mengembalikan semua nutrisi penting dalam tubuh anda.

7. Menyehatkan kulit

Banyak produk perawatan kulit memiliki manfaat dari kandungan mentimun. Kandungan magnesium, kalium, dan silikon adalah mineral yang ramah kulit yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, dan semua ini bisa anda dapatkan dengan makan mentimun.

8. Menyehatkan gigi dan gusi

Serat pada mentimun sangat berguna untuk mengobati penyakit pada gigi dan gusi, khususnya penyakit pyorrhea atau penyakit radang gusi. Selain itu, jus mentimun dapat meningkatkan produksi air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gusi dan gigi dapat terhindar dari penyakit.

9. Melindungi otak

Mentimun mengandung zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan pada tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

10. Menyehatkan jantung

Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

11. Menyuburkan rambut

Kandungan silica pada mentimun dapat membantu pertumbuhan rambut. Buat dan minumlah jus mentimun secara teratur, dan rambut anda akan terlihat bagus dan bebas dari kerontokkan.

12. Mempertajam penglihatan

Mentimun juga dapat mempertajam penglihatan, hal ini dikarenakan manfaat dari kandungan Vitamin A-nya.

loading...