Bunga lawang atau kembang lawang merupakan salah satu jenis rempah yang banyak dimanfaatkan bagi masakan maupun obat-obatan. Rempah yang memiliki cita rasa manis ini mempunyai nama latin Illicium verum, dan berasal dari sekitar Vietnam utara dan China bagian selatan, dan banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak maupun penobatan. Bunga lawang ini sebenarnya bukanlah sejenis buah, melainkan tangkai berbentuk bintang segi delapan, yang terdapat buah didalamnya.

Penggunaan bunga lawang tak hanya untuk bumbu masakan saja, melainkan juga untuk minuman dan obat tradisional yang mempunyai manfaat serta khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Minyak bunga lawang sering digunakan sebagai bahan perisa dalam minuman. Bunga lawang memiliki sifat diuretik dan meluruhkan keringat.

Bunga Lawang atau pekak ini juga sering dibuat teh untuk menurunkan berat badan. Ramuan herbal yang berasal dari China ini juga dapat meningkatkan ukuran payudara secara alami. Bunga lawang ini memiliki estrogen yang mempengaruhi senyawa di dalamnya.

Berikut adalah manfaat bunga lawang bagi kesehatan:

1. Menyehatkan jantung

Sifat analgesik juga ditemukan dalam minyak bunga lawang, yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi rempah ini secara rutin, maka tekanan pada jantung dapat diminimalisir sehingga dapat bekerja dengan optimal.

2. Menghilangkan bau mulut

Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan menambahkan bunga lawang ke dalam masakan anda.

3. Mengobati nyeri haid

Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen yang berguna untuk mengatasi gangguan hormonal yang pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat haid. Caranya, oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga dapat diminum, setelah dicampur dengan asam jawa dan air hangat.

4. Mengatasi sembelit dan perut kembung

Bunga lawang juga dapat bertindak sebagai stimulan pencernaan, sehingga orang China menggunakan rempah ini untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Caranya, seduh minyak ini dengan air hangat dan minum di pagi hari.

5. Mengurangi gejala rematik

Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

6. Melegakan pernafasan

Cukup dengan menyeduh bunga lawang bersama secangkir air hangat, dapat mengatasi gejala morning sickness dan melonggarkan pernafasan. Manfaat ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan minyak ini sebagai aroma terapi.

7. Mengobati influenza

Khasiat bunga lawang memang luar biasa. Minyak dari rempah ini ternyata bersifat anti-jamur, anti-mikroba dan antiseptik. Tentu saja sifat ini bermanfaat untuk mengatasi flu dan demam. Senyawa dalam bunga lawang yang disebut shikimic asam, sangat ampuh untuk melawan virus influenza.

8. Mengatasi luka dan lecet

Luka ringan di kulit akan mudah sembuh dengan aplikasi bunga lawang. Rempah ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat pemulihan luka.

9. Mengobati insomnia

Bunga lawang mempunyai aroma yang kuat, sehingga efektif untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Dengan minum teh bunga lawang, kualitas tidur akan meningkat dan anda akan bangun tidur di pagi hari dalam keadaan segar.

10. Membantu mengobati asma dan bronchitis

Bunga lawang memiliki sifat anti-bacterial dan anti-fungi, yang efektif dalam meredakan gejala asma, batuk kering, dan bronchitis. Kini, banyak produsen obat batuk menggunakan rempah ini sebagai bahan utamanya.

11. Menjaga kecantikan kulit

Minyak bunga lawang mengandung anethol yang bersifat antiseptik dan antispasmodic. Bukan hanya efektif untuk menjaga kelembaban kulit, tapi bunga lawang juga membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.

12. Meningkatkan ASI

Salah satu manfaat bunga lawang juga bisa dirasakan oleh para ibu yang sedang menyusi bayi atau balita. Bunga lawang dapat meningkatkan jumlah produksi asi seorang ibu jika dikonsumsi. Minyak bunga lawang mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Selain itu bunga ini juga berguna untuk atasi masalah gangguan pencernaan.

13. Mengatasi masalah pencernaan

Teh bunga lawang mempunyai khasiat yang luar biasa, antara lain sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sakit perut dan mual. selain itu teh bunga lawang juga dapat memperbaiki fungsi pencernaan. Untuk mendapatkan khasiatnya cukup mudah, yaitu seduhlah teh bunga lawang selama 10 menit dalam air panas, saringlah dan tambahkan sedikit madu agar lebih mantap.

14. Menurunkan berat badan

Teh herbal ini meningkatkan frekuensi dan volume urine. Ini membantu dalam penurunan berat badan terutama pada orang-orang yang kelebihan berat badan karena retensi air dalam tubuh. Teh ini juga membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

loading...