Berbagai khasiat bawang putih sudah sangat umum diketahui dan digunakan banyak orang sejak jaman dahulu kala. Bawang putih biasa digosokan pada tubuh untuk membunuh bakteri, dikenakan di sekitar leher untuk keberuntungan dan ditempatkan di dalam peti mati untuk menangkal kekuatan jahat.

Allicin yang hadir dalam bawang putih dapat mengurangi peradangan, sifat antioksidan dapat menyingkirkan bintik-bintik tanda penuaan dan kandungan belerangnya dapat utih meningkatkan pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dan sifat anti-bakteri dari bawang putih dapat melindungi kulit terhadap radikal bebas, membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Di bawah ini adalah beberapa penggunaan bawang putih untuk mengatasi masalah kulit:

1. Mengatasi kulit kering
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dan yoghurt memiliki kandungan yang kaya akan asam laktat, yang dapat mengembalikan keseimbangan kelembaban kulit.

Bahan:
1 sendok makan yoghurt
4 sampai 5 bawang putih, dihancurkan

Cara membuat:
Giling/blender bawang putih menjadi pasta halus dan campurkan dengan yogurt. Oleskan pasta pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan.

2. Menghilangkan komedo

Bawang putih dapat menghilangka komedo, bahkan yang keras sekalipun.

Bahan:
2 sampai 3 siung bawang putih, hancurkan
1 sendok teh oatmeal
2 atau 3 tetes minyak pohon teh (dari spesies Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia)
½ sendok teh jus lemon

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam mangkuk dan aduk sampai mereka tercampur merata. Lulurkan campuran tersebut pada wajah yang telah dibasahi. Biarkan selama 15 menit. Lepaskan lapisan dengan perlahan, bilas dengan air dingin, dan keringkan.

3. Menghilangkan jerawat

Sifat anti-jamur pada bawang putih dapat menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas luka.

Bahan:
2 sampai 3 siung bawang putih
Air

Cara membuat:
Hancurkan atau blender bawang putih sampai menjadi jus. Encerkan jus dalam secangkir air hangat, aduk sampai merata. Gunakan bola kapas, oleskan campuran pada daerah yang terkena jerawat. Biarkan sampai kering sebelum dibilas bersih.

Cara lainnya: Untuk jerawat yang lebih parah, hancurkan beberapa siung bawang putih menjadi pasta halus. Oleskan pasta bawang putih tersebut langsung pada jerawat. Biarkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas wajah dengan air dingin dan kemudian segera oleskan gel lidah buaya. Aloe vera dapat menenangkan kulit, sementara bawang putih akan menyusutkan jerawat.

5. Mengurangi guratan halus pada kulit

Sulfur yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan produksi kolagen, yang pada gilirannya akan mengurangi garis-garis halus pada kulit dan membuat kulit kenyal dan kencang. Blender bawang putih menjadi pasta, simpan dalam lemari es. Cara penggunaannya adalah dengan menambahkan pasta bawang putih tersebut pada masker wajah anda sebelum digunakan.

6. Minimalkan pori-pori kulit

Pori-pori di wajah dapat mempengaruhi kecantikan wajah anda. Jika anda memiliki kulit yang berminyak, maka kemungkinan besar ukuran pori dapat meningkat dengan berjalannya waktu. Meminimalkan pori-pori dapat mempercantik wajah anda.

Bahan:
2 sendok makan pasta tomat
3 sampai 4 bawang putih dihancurkan

Cara membuat:
Campurkan bawang putih dan pasta tomat dalam mangkuk. Oleskan tipis saja pada wajah yang telah bersih dan biarkan selama 20 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air dingin, keringkan.

Bagaimanapun cara menggunakannya, bawang putih sangat baik bagi kulit, apakah anda memakannya atau mengoleskannya, semuanya bermanfaat bagi kulit anda.