Sinusitis merupakan jenis peradangan yang terjadi pada jaringan di sekitar sinus. Umumnya, di dalam rongga sinus berisi udara, ketika di dalamnya terdapat cairan, maka bakteri dapat berkembangbiak dan terjadilah infeksi.

Pilek yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh dengan ingus berwarna kuning atau hijau, sering sakit kepala dan demam merupakan gejala sinusitis.

Sinusitis dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri wajah atau nyeri yang terus-menerus di sekitar sinus, dan nyeri ini dapat menjadi parah ketika kita membungkuk atau berbaring.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati sinusitis:

Menggunakan garam

Pengobatan menggunakan garam dapat membantu untuk meringankan gejala sinusitis. Garam memiliki kemampuan alami untuk menyerap, dan memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi dan anti-histamin. Garam dapat membunuh kuman dan mikroorganisme yang menyebabkan iritasi dan memproduksi lendir. Pengobatan dengan garam dapat membantu sinus untuk menyingkirkan kelebihan lendir dan membersihkan sinus dari kuman dan mikroorganisme.

Cara mudah pengobatan sinusitis dengan garam adalah dengan mencampurkan garam pada air panas, dan menghirup uapnya melalui hidung. Selain itu campuran air dengan garam dalam wadah teko bisa dimasukan langsung ke hidung.

Menghirup uap air

Menghirup uap dapat membantu untuk membersihkan rongga hidung. Udara kering dapat menyebabkan iritasi sinus, sedangkan udara lembab bisa membantu mengurangi hidung mampet. Menghirup uap air sebanyak 2-4 kali sehari bisa membantu melancarkan hidung.

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih dapat membantu mengurangi lendir dan mendorong aliran lendir dari dalam hidung. Teh panas juga dapat membantu mengurangi lendir di hidung. Minum minuman panas dan sup panas juga baik untuk meredakan sinusitis.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang efektif untuk mengobati infeksi sinus. Kandungan antibakteri dan antijamur dalam bawang putih dapat secara efektif menghancurkan bakteri berbahaya yang bertanggung jawab pada infeksi. Senyawa yang hadir dalam bawang putih memainkan peran penting dalam menyembuhkan gejala infeksi sinus.

Jus buah

Ini merupakan cara yang nikmat untuk mengobati sinusitis. Buatlah jus dari campuran bahan-bahan sebagai berikut: sepotong jahe, apel hijau, dua buah jeruk dan dua buah wortel. Minum jus sekali atau dua kali sehari secara teratur.

Apple cider vinegar

Cuka sari apel adalah makanan yang luar biasa dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Cuka sari apelkaya akan kandungan antivirus, antijamur dan santi-inflamasi yang memungkinkannya untuk melawan bakteri berbahaya dan juga memberikan bantuan dalam melawan gejala infeksi. Minum satu sendok makan cuka sari apel dicampur dengan air hangat dapat mengobati infeksi sinus secara efektif.