Meskipun kita jarang mendengar ketagihan gula seperti ketagihan obat-obatan, sebenarnya gula bisa menyebabkan adiktif seperti obat-obatan. Dan kemudian, gula bisa merugikan tubuh dalam beberapa cara. Bila dikonsumsi berlebihan, gula bisa sama berbahayanya dengan alkohol dan nikotin.

Mungkin gula tidak seburuk lemak jenuh atau garam, tetapi konsumsi gula berlebihan tetap saja berbahaya bagi kesehatan. Bahaya konsumsi gula berlebihan antara lain: resiko gagal jantung, membentuk lemak perut, berperan dalam perkembangan sel kanker, menurunkan kemampuan otak, membuat gemuk dan lain-lainnya.

Gula juga merupakan salah satu alasan dari kasus obesitas yang melonjak di setiap negara dan kita tidak menyadari bahwa gula berperan dalam hal tersebut, sehingga kita cenderung tidak membatasi penggunaan gula dalam berbagai makanan atau minuman.

Berikut adalah beberapa cara menghindari ketagihan gula:

1. Hindari gula buatan

Gula buatan memiliki kecenderungan untuk merangsang daerah-daerah tertentu di otak untuk menghasilkan dopamine. Dan ketika level dopamin rendah, hal ini akan menyebabkan tubuh cenderung memiliki keinginan untuk segera mengkonsumsi gula lagi.

2. Minum cukup air

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, keinginan untuk asupan cairan mungkin sama seperti keinginan untuk makan gula. Jadi, pastikan bahwa anda minum cukup air untuk menghindari dehidrasi.

3. Hormon serotonin

Pastikan bahwa anda meningkatkan hormon yang "menimbulkan rasa senang" di otak anda dengan bekerja intens dan makan makanan yang sehat. Hal ini akan membantu menjaga perasaan anda tetap "baik", sehingga melupakan keinginan akan gula.

4. Makan sayuran berdaun hijau

Ketika anda makan makanan bergizi, level energi anda akan terjaga dan hal ini akan membantu menjuhkan anda dari keinginan akan gula.

5. Jaga gula darah stabil

Pastikan bahwa anda membagi tiga kali makan sehari-hari anda menjadi 6 kali makanan kecil, hal seperti ini akan menjaga kadar gula darah anda tetap stabil.

6. Meditasi dan santai

Stres dapat menyebabkan ketagihan akan gula, meditasi dapat membantu anda bersantai dan menjauhkan stres. Jadi, bersantai dan bermeditasi merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk mengatasi stres.

7. Konsumsi makanan fermentasi

Yoghurt dan kefir dapat meredakan keinginan anda untuk makan makanan manis. Masukkan makanan fermentasi ke dalam menu makanan harian anda, untuk menghindari ketagihan gula.

loading...