Kebanyakan orang akan membuang begitu saja biji nangka setelah memakan buah nangkanya, tapi ternyata, biji nangka atau orang Sunda menyebutnya beton, biasa juga dimakan setelah direbus. Selain rasanya cukup enak, biji nangka juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Biji nangka memiliki kandungan serat, karbohidrat, protein, vitamin A,B, dan C, seng, fosfor, serta kalsium yang tinggi. Biji nangka juga mengandung fitronutrien seperti isoflavon, saponin, dan lignin yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker.

Jadi, nangka, selain merupakan buah lezat bergizi, juga memiliki biji yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu cara untuk mengkonsumsi biji nangka yang lebih enak selain hanya direbus saja, adalah mencampurnya dengan madu. Caranya cukup mudah yaitu rebusan 4-5 biji nangka diblender dengan 1-2 sendok madu, dan anda bisa memakannya 1-2 sendok makan setiap pagi secara rutin.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari biji nangka:

1. Membantu menurunkan berat badan

Kombinasi antara biji nangka dan madu memiliki kandungan protein yang kaya, hal ini ternyata dapat membantu mengurangi kadar lemak tubuh dan membantu dalam memperbaiki otot dan penurunan berat badan.

Juga, kandungan serat yang tinggi dalam biji nangka bisa juga bermanfaat dalam upaya penurunan berat badan.

2. Meningkatkan kesehatan testis

Campuran biji nangka dengan madu dapat meningkatkan sirkulasi darah pada testis laki-laki, sehingga akan menjaga testis tetap sehat dan sekaligus dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

3. Mencegah kanker

Ramuan campuran biji nangka dengan madu kaya akan fitonutrien, yang dapat mencegah perbanyakan sel-sel abnormal, dengan demikian hal ini dapat menjauhkan anda dari kanker.

Selain itu, biji nangka juga mengandung oligosakarida dan polisakarida yang mampu mengatasi dan menghambat timbulnya kanker kolon.

4. Membantu pencernaan

Resep alami ini juga dapat meningkatkan pencernaan anda dengan alkalising kadar asam dalam perut dan juga mencegah kondisi seperti gastritis dan sembelit.

Selain itu, biji nangka juga memiliki banyak serat yang dapat mencegah konstipasi dan juga dapat mengeluarkan racun dariĀ  dalam tubuh.

5. Mengatasi anemia

Biji nangka mengandung zat besi yang dapat memproduksi sel darah merah. Dengan mengkonsumsi biji nangka, anda akan terhindar dari penyakit anemia dan meningkatkan kesehatan organ jantung, mencegah penyakit kulit, melancarkan aliran darah dan melancarkan pembuluh darah.

Kombinasi biji nangka dan madu memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat, dengan demikian, ramuan alami in dapat digunakan untuk mengobati anemia.

6. Meningkatkan gairah seks

Ramuan campuran biji nangka dengan madu dikenal sebagai afrodisiak alami, karena dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dan juga merangsang otak untuk membuat seks lebih menyenangkan.

7. Meningkatkan penglihatan

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam biji nangka bisa digunakan sebagai penyehat mata.

Ramuan biji nangka dengan madu ini kaya akan kandungan vitamin A, sehingga memiliki kemampuan untuk memperkuat saraf optik dan meningkatkan penglihatan.

8. Baik untuk kulit

Kandungan protein dan mikronutrien yang ada pada biji nangka dapat membuat kulit tetap lembab, dan bisa digunakan sebagai terapi kulit. Kandungan antioksidan dalam biji nangka, juga dapat mencegah kulit kendur dan keriput, sekaligus dapat melembutkan kulit.

9. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan vitamin A pada biji nangka tak hanya bagus untuk mata, tapi juga dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

Aliran darah di kulit rambut yang lancar bisa membuat rambut lebih sehat dan tumbuh lebat. Mengkonsumsi biji nangka secara teratur pun bisa digunakan sebagai penambah ketebalan rambut sehingga rambut yang tadinya tipis bisa menjadi lebat.

10. Menguatkan tulang dan gigi

Kandungan fosfor yang ada di dalam biji nangka bisa berguna untuk menguatkan tulang. Tidak hanya itu saja manfaat kalsium yang tinggi juga bermanfaat dalam menguatkan tulang sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang misalnya saja osteoporosis dan juga kerusakan tulang.

Selain bagus untuk tulang, kandungan kalsium dan juga fosfor yang ada di dalam biji nangka juga bisa digunakan sebagai penguat gigi. Sehingga anak-anak yang mengkonsumsi biji nangka bisa membuat tulang dan giginya menjadi kuat dan terhindar dari pengeroposan.

loading...