Saat ini stress merupakan hal yang sangat umum di sekitar kita, terutama terjadi pada orang yang sarat dengan beban kerja dan kesibukan yang menyita waktu istirahat. Fenomena stress adalah hal yang tidak diinginkan, karena pada akhirnya stress dapat menyebabkan sejumlah gangguan yang serius pada penderitanya.

Stres merupakan salah satu akar penyebab dari sejumlah penyakit. Penyakit seperti tekanan darah, gangguan lambung dan kanker dapat disebabkan oleh stres yang ekstrim? Karena stress, orang akan sulit tidur, makan tak teratur, malas beraktifitas ata berolahraga, bahkan berujung pada kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan obat-obatan, yang semuanya itu tentu saja merugikan bagi kesehatan orang tersebut.

Bagaimanapun, untuk menghindari stress tidak serta merta orang harus berhenti dari pekerjaan tersebut, tetapi mencari cara bagaimana agar beban kerja menjadi seimbang dengan istirahat, dan juga mengendalikan stress tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi stress adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat melawan stress secara efektif. Berikut adalah 10 jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk melawan stress:

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kuat yang kaya akan vitamin dan folat, yang dapat memasuki sel otak anda dan dapat meningkatkan aliran darah di daerah tersebut, sehingga memberikan pengaruh yang baik untuk mengurangi stres.

2. Blueberry

Blueberry yang lezat kaya kandungan senyawa yang dikenal sebagai anthocyanin, yang diketahui dapat mengurangi stres dan kecemasan.

3. Kacang mede

Studi penelitian terbaru menunjukkan bahwa kacang mede (biji jambu mede) berkaitan dengan pengobatan stres dan depresi, karena kandungan mineral seng dalam jumlah tinggi.

4. Chamomile

Penelitian telah membuktikan bahwa teh chamomile merupakan zat alami yang memiliki kemampuan untuk menenangkan saraf dan membantu anda bersantai, sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan. Minum teh jenis lainnya seperti teh hitam atau teh hijau juga dapat membantu menenangkan pikiran.

5. Chocolate

Chocolate, terutama dark chocolate, kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan stres.

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang dikenal sebagai allicin, yang telah dikaitkan dengan pengurangan stres dan juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi kuat.

7. Oatmeal

Oatmeal kaya akan karbohidrat yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme anda. Tingkat metabolisme yang sehat dapat meningkatkan kadar serotonin di otak, sehingga akan mengurangi stres dan depresi.

8. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sehat, mampu menangkal berbagai macam penyakit dan membuat tubuh anda menjadi sehat. Brokoli mengandung asam folat yang mampu menghilangkan segala bentuk kegelisahan, stress dan sindrom panik.

9. Gandum utuh

Gandum dapat menstimulasi produksi serotonin yang mampu menghilangkan stress dan menenangkan otak. Gandum biasa digunakan untuk melakukan diet dan menurunkan berat badan, sehingga ketika anda stress anda tidak perlu takut menjadi gemuk.

10. Almond

Almond mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan seng. Vitamin B dan magnesium terlibat dalam produksi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stress. Zinc perkelahian beberapa efek negatif dari stress, sedangkan vitamin E adalah antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit stress dan jantung.

loading...