Kecambah bisa disebut sebagai makanan ajaib karena tingginya nilai gizi yang dikandung, oleh karena itu sangat baik dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Kecambah merupakan kacang-kacangan jenis tertentu yang sudah mulai tumbuh menjadi benih, yang umum dikonsumsi di Indonesia adalah kecambah kacang hijau atau tauge, kecambah kedelai, kecambah kacang merah dan kecambah kacang hiris atau kacang gude.

Pada kecambah terkandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tahap awal pertubuhannya, dan jika kita makan kecambah tersebut maka kita mendapat manfaat dari nutrisi yang dikandungnya. Biasanya, setelah tujuh hari sejak mulai tumbuh, kecambah tersebut memiliki jumlah nutrisi terbaiknya.

Karena mudahnya, banyak orang membuat sendiri kecambah di rumah-rumah dan mereka mendapat banyak manfaat dari nutrisi yang dikandungnya. Karena manfaat makan kecambah yang begitu luar biasa, banyak yang menganggapnya sebagai obat.

Berikut adalah beberapa manfaat makan kecambah bagi kesehatan:

Baik untuk rambut

Kecambah memiliki manfaat luar biasa bagi rambut, hal ini dikarenakan kecambah memiliki kandungan vitamin C yang cukup, yang dapat membantu dalam pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin C dalam kecambah dapat membantu menyingkirkan radikal bebas yang dapat menyebabkan rambut menjadi lemah dan kurus. Kecambah juga dapat mencegah gangguan seperti alopecia dan kebotakan pada pria.

Memperbaiki dan memperkuat pembuluh kapiler

Kecambah memiliki sifat memperbaiki dan memperkuat pembuuh darah kapiler. Hal ini juga membantu dalam pembentukan pembuluh darah baru yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kaya kandungan vitamin

Kecambah sangat kaya akan kandungan vitamin A, B kompleks, C dan E. Jumlah vitamin akan meningkat hingga 20% pada kecambah dalam beberapa hari setelah tumbuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa dalam tauge terdapat peningkatan 285% kandungan Vitamin B1.

Membantu penurunan berat badan

Karena kaya kandungan serat, kecambah dapat berperan sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Hal ini meningkatkan metabolisme tubuh dan memainkan peran utama dalam membilas racun dari tubuh.

Sarat dengan asam lemak esensial

Kecambah juga sarat dengan asam lemak esensial. Asam lemak tidak mudah ditemukan dalam makanan kita, maka dengan memasukkan kecambah dalam menu makanan harian, hal ini akan memberikan cukup asupan asam lemak esensial, suatu nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Membantu dalam alkalizing tubuh

Pentingnya mengkonsumsi kecambah dapat dipahami dari kenyataan bahwa kecambah juga dapat membantu dalam proses alkalizing tubuh. Alkalising dapat melindungi tubuh dari penyakit yang mengancam kehidupan seperti kanker, yang sering dikaitkan dengan peningkatan keasaman dalam tubuh.

Kaya akan zat besi

Kecambah juga sangat kaya akan zat besi, yang membantu dalam membawa oksigen ke seluruh bagian vital tubuh. Kita semua tahu bahwa besi sangat penting untuk berfungsinya tubuh manusia dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Zat besi juga menjadi bagian dari enzim-enzim dalam tubuh yang membantu mencerna makanan dan reaksi-reaksi penting lainnya dalam tubuh kita, sehingga kekurangan zat besi (defisiensi besi) akan banyak efek buruknya bagi tubuh kita.

Kaya anti-oksidan

Kecambah juga sangat kaya akan anti-oksidan, yang penting untuk pemeliharaan kesehatan rambut, kulit, kuku, dll.