Kita semua mengetahui fakta bahwa makan ikan setiap hari adalah baik untuk kesehatan kita, mulai dari jantung, tekanan darah sampai kulit, rambut dan lain-lainnya. Sebagai sumber pemenuhan kebutuhan protein hewani, ikan relatif lebih murah dan mudah didapat, dibanding daging ayam atau sapi.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan antara lain asam lemak omega-3, vitamin D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, zat besi, magnesium serta berbagai mineral lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan bagi kesehatan manusia:

Menurunkan depresi

Membran sel ikan mengandung omega-3. Ketika kita makan ikan setiap hari, jumlah omega-3 meningkat dalam aliran darah, yang memungkinkan serotonin, senyawa antidepresan yang diproduksi oleh tubuh, didistribusikan lebih mudah ke sel-sel yang berbeda dalam tubuh. Hal ini akan menurunkan tingkat depresi.

Baik untuk jantung

Makan ikan juga baik untuk jantung, terlepas dari kondisi jantung. Ikan membantu untuk membangun sistem pertahanan kita. Mereka yang memiliki sistem resistansi rendah, mungkin memiliki gejala HIV atau AIDS, bisa mendapat banyak manfaat dari makan ikan. Makan ikan secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh. Mereka yang menderita rheumatoid arthritis bisa mendapatkan keuntungan dari makan ikan karena dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Kesehatan kulit

Docosahexaenoic acid (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) adalah dua asam lemak esensial yang disediakan oleh ikan dan secara langsung berhubungan dengan kesehatan kulit. Makan ikan setiap hari dapat meningkatkan tingkat kelembaban kulit, mengurangi jerawat dan mencegah kulit keriput.

Menurunkan berat badan

Konsumsi ikan setiap hari mendorong penurunan berat badan dan membakar lemak lebih baik daripada diet dan olahraga saja. Kandungan dalam ikan memiliki kemampuan untuk mencegah sel-sel pra-lemak berubah menjadi sel-sel lemak dalam tubuh dengan efisien yang menyebabkan sel-sel tersebut mati, dengan demikian hal tersebut akan mengurangi akumulasi lemak secara keseluruhan.

Bagus buat janin

Studi menunjukkan bahwa janin banyak mendapat manfaat dari ikan pada saat wanita hamil memakan ikan setiap hari. The Associated Press melaporkan bahwa beberapa ahli gizi percaya bahwa omega-3 yang ditemukan pada ikan adalah blok bangunan utama untuk kecerdasan manusia. Selain itu kandungan nutrisi pada ikan juga penting untuk mengurangi reiko melahirkan secara prematur.

loading...