Inflamasi atau peradangan adalah bagian dari respon kekebalan tubuh kita. Makanan memainkan peran yang dominan dalam penyembuhan peradangan. Ada dua jenis peradangan, peradangan akut dan peradangan kronis. Ketika peradangan menjadi tidak terkendali, perlu pengobatan dan perawatan ekstra. Banyak makanan yang dapat menyembuhkan peradangan, beberapa jenis diantaranya tertera seperti di bawah.

Kandungan yang terdapat dalam makanan di bawah ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan peradangan. Khasiat penyembuhan dari makanan ini tidak akan terasa secara langsung, tetapi harus menunggu waktu yang cukup lama. Jika anda mengalami nyeri sendi atau pembengkakan parah pada sendi, cobalah makan beberapa makanan di bawah ini untuk menyembuhkan peradangan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat menyembuhkan peradangan:

1. Minyak zaitun

Jika anda menderita peradangan atau bengkak sendi maka lebih baik untuk mencoba menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung asam oleat dan asam lemak omega 9, yang berkhasiat meminimalkan peradangan. Minyak zaitun ini akan bekerja cepat dan meredakan peradangan.

2. Ikan

Ikan merupakan salah satu dari beberapa jenis makanan yang bekerja cepat untuk menyembuhkan peradangan. Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah pilihan yang baik untuk membantu mengurangi peradangan. Kurangi asupan daging merah dan ganti dengan ikan yang lebih sehat.

Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan untuk menyembuhkan peradangan antara lain salmon, teri, ikan kembung, sarden, lele dan cakalang.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Apakah anda khawatir akan nyeri sendi atau penyakit inflamasi lainnya? Jadikanlah kacang-kacangan sebagai makanan ringan sehari-hari anda. Kacang-kacangan yang menyehatkan seperti kenari, almond, biji bunga matahari dll, mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi yang dapat meredakan peradangan. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain. Hindari makan kacang-kacangan yang dicampur dengan garam dan bahan pengawet.

Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang berkhasiat meredakan peradangan antara lain kenari, almond, biji wijen, kacang tanah dan biji bunga matahari.

4. Rempah-rempah

Herbal atau rempah seperti oregano (Origanum vulgare) dan selasih (Ocimum basilicum) dapat digunakan untuk melawan peradangan. Herbal jenis ini menyehatkan dan memiliki kekuatan penyembuhan untuk mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan. Herbal juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi rasa sakit.

Beberapa jenis rempah-rempah yang berkhasiat mengatasi peradangan antara lain cengkeh, jahe, bawang putih, kunyit, lada hitam, kayu manis dan kemangi.

5. Buah-buahan

Hampir semua buah-buahan memiliki kandungan yang dapat melawan penyakit inflamasi. Para ahli merekomendasikan buah-buahan bagi mereka yang menderita peradangan dan nyeri sendi.

Beberapa jenis buah dikenal memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya. Kulit apel mengandung quercetin yang membantu mengurangi peradangan, jadi makanlah apel tanpa mengupas kulitnya. Buah-buahan yang berwarna cerah juga sangat baik untuk mengurangi inflamasi.

Buah-buahan yang dapat menyembuhkan peradangan, antara lain: apel, pir, melon, kiwi, jeruk bali, jambu, jeruk dan pepaya.

6. Sayuran berdaun

Seperti buah-buahan, sayuran berdaun juga baik untuk penyembuhan peradangan. Sayuran, terutama yang berdaun, sangat penting untuk dimasukkan dalam menu makanan harian bagi anda yang memiliki penyakit radang. Sayuran tinggi akan serat, rendah lemak dan merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga efektif mengurangi peradangan.

Pilihlah sayuran berwarna hijau dan berwarna cerah, brokoli, bayam, dan kembang kol merupakan contoh sayuran dengan sifat anti-inflamasi. Sayuran lainnya dalah kubis, buncis,bawang daun, lobak dan ubi jalar.

7. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang paling efektif dalam menyembuhkan peradangan. Sudah sejak lama, bawang putih digunakan sebagai obat untuk mengurangi bengkak dan nyeri sendi. Bawang putih memainkan peran penting dalam mengurangi penyakit inflamasi, oleh karena itu anda harus memasukkan bawang putih dalam menu makanan harian anda.

8. Biji flaxseed

Biji flaxseed (Linium usistatissinum) merupakan salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan peradangan. Flaxseed mengandung omega 3 dalam jumlah yang tinggi yang membantu untuk melawan peradangan. Masukan flaxseed ke dalam menu makanan harian anda. Flaxseed merupakan salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan peradangan.

loading...