Semua orang tahu bahwa pepaya merupakan buah yang enak dan mengandung banyak gizi, namun hanya sedikit orang yang sudah memanfaatkan daun pepaya untuk dikonsumsi sebagai sayur atau lalapan. Ternyata daun pepaya memiliki khasiat penyembuhan tertentu dan memiliki sifat obat yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu dan memperkuat kekebalan tubuh.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat daun pepaya, diantaranya dimakan mentah sebagai lalapan, dibuat sayur, sebagai campuran karedok, lotek atau gado-gado, atau juga dibuat teh.

Untuk membuat teh daun pepaya cukup dengan merebus beberapa helai daun pepaya dalam satu liter air. Setelah direbus, tempatkan air rebusan dalam botol dan biarkan berada di lemari es selama beberapa hari. Setelah itu, teh daun pepaya dapat minum pada hari ketiga.

Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan:

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun pepaya dapat menghilangkan bakteri yang bertanggung jawab untuk masalah perut. Juga, daun pepaya dapat mencegah asam refluks. Daun pepaya juga dapat meminimalkan peradangan selaput perut.

Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Rebusan daun pepaya dapat mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan. Daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac.

2. Peradangan

Teh yang dibuat dari daun pepaya dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi akibat sindrom iritasi usus besar.

3. Kanker

Daun pepaya mengandung senyawa yang dikenal sebagai acetogenin yang dipercaya dapat membunuh sel kanker.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh.

Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.
 
4. Trombosit rendah

Bagi mereka yang memiliki jumlah trombosit yang rendah bisa menggunakan pepaya daun untuk mengatasinya, sajikan sebagai teh secara teratur. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa daun ‘pahit’ pepaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk kasus kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah dan banyak lagi.

5. Nyeri haid

Teh daun pepaya juga dapat menyembuhkan nyeri haid. Caranya minum teh daun pepaya tiga kali sehari, sebanyak satu gelas setiap kali minum. Jika mau bisa ditambahkan asam jawa dan garam.

6. Sembelit

Mereka yang menderita sembelit bisa minum segelas teh daun pepaya di pagi hari untuk mengatasinya.

7. Nafsu makan dan daya tahan tubuh

Teh daun pepaya juga dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Daun pepaya juga mengandung anti-oksidan yang dapat memperlambat penuaan dini. Manfaat lainnya adalah daun pepaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa.

8. Maag

Untuk menangkal serangan maag, perbanyaklah konsumsi daun pepaya. Daun yang rasanya pahit ini menurut sebuah studi yang dimuat West Indian Medical Journal edisi September 2008, dapat mengurangi keparahan ulkus (tukak lambung) dan memiliki efek antioksidan. Ekstrak daun papaya pun dapat menurunkan lipid yang teroksidasi serta meningkatkan antioksidan di dalam sel darah merah.

loading...