Kayu manis dikenal dengan bau manis dan rasa yang lezat. Penggunaan kayu manis dikenal sejak zaman kuno. Kayu manis, selain digunakan sebagai bumbu masak, juga biasa digunakan untuk kesehatan karena memiliki sifat obat. Kayu manis mengandung zat yang disebut cinnamaldehyde, yang diyakini mengapa kayu manis memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Karena banyak manfaatnya, banyak orang menggunakan kayu manis untuk masker wajah, penyegar nafas, dan menggosok ke bagian kulit yang kering. Kayu manis pun juga berguna bagi rumah karena bisa mengusir semut. Juga, kayu manis juga bermanfaat bagi pasien diabetes. Sementara studi tentang manfaat kesehatan kayu manis, yakni untuk mengurangi peradangan dan telah dipakai selama bertahun-tahun sebagai obat.

Beberapa manfaat kesehatan dari kayu manis adalah sebagai berikut:

Mengontrol kadar gula darah

Sebuah studi klinis menemukan bahwa subyek yang mendapat asupan 1.000 mg kayu manis setiap hari lebih efektif untuk mendukung proses metabolisme gula.

Kayu manis dapat mempengaruhi kontrol gula darah sehingga membantu tubuh memecah gula lebih efisien dan mencegah mereka dari beralih ke lemak. Kayu manis juga dapat meningkatkan kadar insulin dengan meniru aktivitas biologis insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa dalam darah. Penyebab gula darah tinggi meningkat adalah timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini dapat dicegah oleh kayu manis dan membantu menurunkan berat badan dengan metabolisme gula dan mencegah transformasi lemak.

Dalam studi laboratorium lain, ilmuwan menguji sekitar 50 varietas yang berbeda dari rempah-rempah dan herbal untuk mengukur efek mereka pada proses metabolisme gula, dan pada kayu manis ditemukan banyak komponen bioaktif pada saat diuji.

Para peneliti beralasan bahwa keuntungan kesehatan dari kayu manis mungkin berasal dari kandungan polifenol alami bersama dengan komponen lainnya.

Mengurangi kolesterol jahat

Kayu manis diyakini dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dan membantu mengeluarkan LDL atau kolesterol jahat dari tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Jika dikonsumsi secara teratur, kayu manis dapat menghilangkan efek dari makanan yang mengandung banyak lemak dengan memperlambat kenaikan gula darah setelah makan.

Studi menemukan bahwa menggunakan kayu manis bisa menurunkan kadar total dan LDL (kolesterol jahat) oleh setidaknya 27%.

Membantu mencegah kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa kayu manis memiliki sifat anti-karsinogenik yang dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan juga membantu dalam penghancuran sel kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Texas, kayu manis dapat mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh dan, jika dimasukkan secara teratur dalam makanan, dapat membantu mencegah kanker. Kayu manis juga membantu mengurangi tingkat pertumbuhan leukemia dan limfoma sel-sel kanker.

Meningkatkan fungsi usus

Kalsium dan serat hadir dalam kayu manis dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan empedu dari usus besar, yang berarti melindungi usus dari kanker dan mencegah sembelit serta diare. Kandungan serat dalam kayu manis sangat berguna dalam mengurangi gejala Irritable Bowel Syndrome termasuk diare dan sembelit.

Meningkatkan sirkulasi darah

Kayu manis memiliki efek anti-pembekuan pada darah. Kayu manis mengandung senyawa pengencer darah yang dikenal sebagai coumarin, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Namun, penting untuk diingat bahwa terlalu banyak coumarin dapat menyebabkan kerusakan gangguan fungsi hati sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah kecil.

Meningkatkan fungsi otak

Sifat anti-inflamasi yang kuat dari kayu manis dapat mengurangi peradangan konstan jaringan internal otak, sehingga akan melindungi otak dari berbagai gangguan neurologis. Kayu manis dapat meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Juga kayu manis memberikan perlindungan terhadap penyakit seperti penyakit alzheimer, parkinson, tumor otak dan meningitis.

Melindungi jantung

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melindungi jantung dari kerusakan dan infeksi.

Menghangatkan tubuh

Kayu manis selama ini memang terkenal sebagai rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh, sehingga hal ini sangat baik untuk mengatasi penyakit demam ataupun flu.

loading...