Apakah saat ini anda lebih mudah terserang sakit? Apakah anda sering menderita pilek atau flu? Jika jawabanya adalah ya, maka ada kemungkinan besar bahwa anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Saat ini, banyak orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung buruk, yang tidak mampu melindungi mereka dari mikroorganisme yang menyebabkan berbagai jenis infeksi virus. Makan yang tidak seimbang, gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan gizi, stres, dll, adalah faktor-faktor umum yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat seorang lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Untungnya, banyak cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah makan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dan salah satunya, seperti yang telah digunakan masyarakat selama berabad-abad lalu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, adalah bawang putih.

Bawang putih diperkaya dengan sifat antibakteri, antiseptik dan antijamur. Bawang putih juga populer karena menjadi antibiotik alami, karena bawang putih adalah detoxicant alami. Dengan kandungan nutrisi penting, vitamin dan mineral, bawang putih adalah obat ajaib untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seperti dikatakan para ahli, sifat unik bawang putih menjadikannya sebuah superfood yang ideal untuk melawan kuman menyerang dan menjaga anda dari serangan infeksi. Tapi, memakan bawang putih mentah secara lagsung bisa sangat dihindari kebanyakan orang dengan berbagai alasan, dan hal ini membuat sangat sedikit orang mendapatkan manfaat besar dari bawang putih.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memasukkan bawang putih dalam diet anda untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh anda.

1. Campur dengan madu

Makan beberapa siung bawang putih dengan madu. Makanlah di pagi hari, dan hal ini dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan dan meningkatkan kekebalan tubuh anda.

2. Dibuat jus

Banyak orang lebih suka membuat jus dari campuran jahe, bawang putih dan lemon, karena kalau hanya bawang putih saja bisa sangat sulit untuk memakannya. Tapi, berhati-hati akan dosis campurannya, karena bisa saja khasiatnya akan hilang.

3. Campur dengan air hangat

Cara paling mudah untuk mengkonsumsi bawang putih di pagi hari adalah dengan cara menelannya sambil minum air hangat, dan khasiatnya dapat memberikan perlindungan dari dalam tubuh sepanjang hari.

4. Rebusan bawang putih

Merebus bawang putih dan kemudian mencampurnya dengan madu dan lemon mungkin akan membuat anda lebih mudah mendapatkan manfaat bawang putih.

Ambil panci besar dan tambahkan tiga gelas air. Parut lima siung bawang putih dan mencampurkannya ke dalam air. Tutup panci dan masak hingga mendidih sehingga asap bawang putih tidak lari. Matikan kompor setelah air selesai direbus. Tambahkan madu sebanyak 10 ml dan perasan lemon ke air bawang putih, aduk hingga rata. Saring ke dalam cangkir dan minum.

5. Membuat cuka bawang putih

Cara membuatnya sangat mudah. Dalam sebuah mangkuk berukuran sedang, tambahkan cuka setidaknya setengah mangkuk. Lalu campurkan setidaknya 10-15 siung bawang putih yang sudah dikupas.
 
Tutup mangkuk dan biarkan selama satu jam. Cuka akan menyerap semua kualitas baku bawang putih dan membuatnya menjadi sangat kuat. Saring dan campurkan ke dalam salad atau jenis makanan lain yang menggunakan cuka.

Bawang putih adalah makanan yang luar biasa yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Tapi, sangat penting untuk berhati-hati dari fakta bahwa dosis bawang putih yang dimakan sangatlah penting, dan juga, dosis adalah bervariasi dari orang ke orang. Dalam kasus apapun, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi bawang putih untuk mengobati masalah kesehatan apapun.

loading...