Osteoporosis merupakan suatu resiko yang harus kita terima dari proses penuaan usia hidup kita. Ketika tulang menjadi rapuh, seluruh tubuh mungkin dapat menderita dalam berbagai cara. Tulang menjadi rentan, bahkan aktifitas harian seperti berjalan, duduk dan berdiri bisa saja menjadi sulit. Dan bila tulang mengalami cedera ringan, misalnya patah, maka tulang akan lama untuk sembuh kembali.

Lebih dari 60% orang-orang yang rentan terhadap risiko menderita osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia. Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk memperkuat tulang, oleh karena itu sangat disarankan untuk memenuhi asupan mineral ini, meski jangan berlebihan. Karena asupan kalsium yang berlebihan dapat menyebabkan masalah lain seperti batu empedu.

Oleh karena itu, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari asupan kalsium harian.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah osteoporosis:

1. Cuka

Studi tertentu mengklaim bahwa cuka dapat mempertahankan kadar kalsium dalam tubuh anda. Makanlah makanan kaya kalsium dan jangan lupa untuk menyertakan cuka dalam diet anda.

2. Tahu

Fitoestrogen yang hadir dalam kedelai dapat membantu mencegah osteoporosis karena dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang sehat.

3. Bayam

Makan bayam secara teratur dapat menguatkan tulang Anda karena kandungan kalsiumnya.

4. Susu

Kita semua tahu bahwa susu mengandung kalsium. Susu baik untuk tulang, minumlah segelas susu secara teratur.

5. Jus nanas

Kekurangan mangan juga dapat memperburuk tulang. Dapatkan asupan mangan melalui jus nanas.

6. Ikan salmon

Ikan salmon dapat memberikan kalsium dan vitamin D. Jika anda ingin mencegah osteoporosis, makanlah ikan salmon.

7. Tips lainnya

Berhenti merokok, minum dan berolahraga secara teratur. Merokok cenderung untuk mengisi tubuh dengan racun dan bahan kimia lain yang menyebabkan banyak masalah yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kepadatan tulang.

loading...