Kanker dianggap sebagai salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Kanker tidak menyasar kelompok usia tertentu, kankaer dapat menimpa pada anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Menurut WHO, ada lebih dari 100 jenis kanker yang diketahui mempengaruhi manusia.

Namun, kabar baiknya adalah bahwa beberapa kematian yang disebabkan oleh kanker dapat dihindari, jika terdeteksi secara dini dan dengan perawatan yang baik setelah kemoterapi dan terapi radiasi.

Selama periode pengobatan, penderita kanker akan kehilangan berat badan, sebagian besar rambut dan juga stamina mereka. Untuk upaya untuk memulihkan kembali kondisi kesehatannya adalah asupan nutrisi yang baik.

Menerapkan pola makan yang sehat dan menghindari kelebihan lemak dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh dan memulihkan stamina untuk melawan kanker secara efektif.

Berikut adalah beberapa daftar makanan bergizi yang sangat efektif bagi penderita kanker:

1. Buah segar

Buah-buahan segar seperti pisang, kiwi, mangga, pir, stroberi, jambu, alpukat, dan jeruk sekitar lima porsi sehari merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan energi yang diperlukan tubuh.

2. Sayuran segar

Sayuran berdaun hijau segar seperti brokoli, kembang kol dan kubis bersama dengan wortel, kacang polong dan lobak dikonsumsi dalam porsi kecil setidaknya sekitar 4 sampai 5 kali dalam sehari. Sayuran segar merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan serat.

3. Makanan yang mengandung gandum utuh

Makanan yang mengandung gandum utuh seperti beras merah, barley, gandum, roti berserat tinggi dan sereal perlu dimasukkan dalam menu makanan harian penderita kanker. Makanan jenis ini akan membantu memberikan penderita kanker kekuatan yang cukup.

4. Madu

Madu dikenal sebagai anti bakteri dan anti jamur. Konsumsi madu dalam jumlah kecil dapat membantu dalam mencegah infeksi lebih lanjut pada penderita kanker.

5. Lemak omega-3

Makanan yang mengandung lemak omega-3 seperti ikan, khususnya ikan sarden, tuna dan salmon dapat memberikan kekuatan yang dibutuhkan oleh penderita kanker. Makanan ini harus dikonsumsi setidaknya dua kali dalam seminggu.

6. Makanan kaya Vitamin D

Vitamin D dikenal untuk mengurangi kekambuhan pada penderita kanker. Terlepas dari paparan sinar matahari, sumber lain dari vitamin D termasuk susu, sereal, sarden dan salmon.

7. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat merupakan sumber yang kaya lemak tak jenuh. Makanan jenis ini harus dikonsumsi dalam tingkat yang moderat untuk membangun energi pada penderita kanker.

8. Kedelai

Satu porsi kedelai per hari dapat membantu penderita kanker untuk mempertahankan diet yang seimbang. Tahu, tepung kedelai, dll, mengandung lemak jenuh yang rendah dan dengan demikian dapat membantu dalam memberikan jumlah energi dan stamina yang diperlukan oleh penderita kanker.