Memasuki bulan puasa pasti kita tidak melupakan makanan khas yaitu kurma. Kurma atau Phoenix dactylifera dari family Arecaceae, yang merupakan buah asal Timur Tengah ini, selain rasanya enak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena manfaatnya inilah, kurma bisa dijadikan pilihan camilan sehat, daripada anda ngemil junk food.

Kurma mengandung magnesium, tembaga, mangan, fosfor, kalium, besi, belerang, kalsium dan minyak. Makan kurma setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi bagaimanapun jangan berlebihan.

Kurma dapat mencegah kanker perut. Kurma juga mengandung potasium yang baik buat sistem saraf. Kandungan serat dalam kurma juga baik untuk pencernaan.

Berikut adalah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan:

1. Mencegah anemia

Kurma merupakan sumber yang kaya akan zat besi. Besi penting bagi sel darah darah merah dan oleh karena itu wanita sangat membutuhkannya. Karena kandungan zat besinya, kurma dapat mencegah anemia.

2. Mencegah diare

Secara tradisional kurma sering dimanfaatkan sebagai obat diare di kawasan Timur Tengah. Kandungan tannin yang tinggi pada kurma memiliki efek untuk mengerutkan usus dan dapat membersihkan usus sehingga mempercepat penyembuhan diare. Kurma juga menguntungkan untuk bakteri dalam usus.

3. Mencegah sembelit

Orang yang mengalami konstipasi alias sembelit disarankan mengonsumsi kurma karena kurma memiliki efek laksatif atau pencahar. Rendam beberapa buah kurma di dalam air selama semalam, minum air rendaman di pagi hari.

4. Mengatur berat badan

Makan kurma dapat membuat anda merasa kenyang, orang yang ingin menurunkan berat badan dapat memakannya sebagai camilan. Dan bagi orang yang ingin menambah berat badan bisa mendapatkan keuntungan dari kurma karena kurma padat kalori.

5. Meminimalkan kolesterol jahat

Kurma dapat meminimalkan kolesterol jahat dan menjaga arteri tetap sehat. Kandungan serat dalam 5-6 buah kurma setara dengan serat diet 20-35 gram/hari, dan jika dikonsumsi dapat menurunkan kadar kolestrol LDL darah.

6. Menyehatkan jantung

Konsumsi kurma dapat menurunkan risiko serangan stroke dan penyakit jantung berkat kandungan kalium yang tinggi. Kalium bermanfaat mengatur denyut jantung, mengontrol kontraksi otot dan tekanan darah. Mengkonsumsi kurma setiap hari dapat menjaga jantung tetap sehat.

7. Mengurangi tekanan darah

Kandungan kalium dalam kurma berperan dalam menurunkan tekanan darah. Mereka yang menderita hipertensi dapat menggunakan kurma untuk menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Makanlah 3-4 buah kurma setiap hari.

8. Memulihkan energi

Setelah melakukan aktivitas pekerjaan seharian, orang pasti merasa letih, lesu, dan capek. Kurma mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi (glukosa, sukrosa dan fruktosa) yang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras saat beraktivitas seharian.

Mengonsumsi campuran kurma, susu dan madu baik untuk memulihkan stamina dan juga libido yang sehat.

loading...