Roti mungkin merupakan makanan yang sangat populer, terutama di saat serba instant ini. Orang yang tidak sempat sarapan sebelum pergi sekolah atau bekerja, cukup makan sepotong roti. Begitu juga orang yang menunda makan siang karena kesibukannya, makan sepotong roti bisa mengganjal perut bahkan sampai saat makan malam. Padahal makan roti setiap hari tidak baik bagi kesehatan.

Dibuat dari beberapa bahan sampah, roti telah menjadi makanan favorit bagi banyak orang, terutama untuk ngemil dan sarapan. Namun, laporan studi modern telah mengungkapkan bahwa makan roti secara teratur dapat menyebabkan resiko tinggi terjadinya banyak penyakit di dalam tubuh. Laporan studi ini menunjukkan efek berbahaya dari makan roti setiap hari.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan sebelum anda putuskan untuk makan roti setiap hari:

1. Meningkatkan kadar gula darah

Dalam situasi ketika kasus diabetes meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan, orang harus selalu menghindari makan roti, karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Roti mengandung amilopektin A yang dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

2. Menyebabkan ketergantungan

Kecanduan sesuatu merupakan hal yang buruk, diibaratkan seperti orang yang sedang berjalan ke dalam bahaya. Laporan dari National Institute of Health di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa roti mengandung gluten yang dapat menyebabkan sensasi euforia, jika seseorang mengkonsumsi roti secara teratur. Sebagai akibatnya, orang dapat menjadi pecandu roti, dan hal itu merupakan sesuatu yang buruk.

3. Pembentukan lendir

Roti dibuat dengan barley, rye dan gandum, sehingga memiliki kemampuan alami untuk membentuk lendir di dalam tubuh. Sebagai akibatnya, orang-orang sering menghadapi masalah dengan hidung dan paru-paru. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang parah, terutama pada anak-anak dan orang tua.

4. Miskin gizi

Selain untuk memenuhi kebutuhan akan rasa lapar, makanan harus memberikan nilai gizi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Roti memenuhi rasa lapar, tetapi tidak memiliki nilai gizi yang baik. Konsumsi roti yang rutin dapat mengakibatkan kekurangan gizi di kalangan anak-anak. Ini adalah salah satu bahaya yang paling signifikan dari makan roti secara teratur.

5. Sulit untuk dicerna

Seperti disebutkan sebelumnya, roti memiliki gluten, yang merupakan protein yang diperoleh dari makanan olahan seperti gandum dan biji-bijian lainnya. Gluten sulit untuk dicerna dan orang bisa menghadapi masalah pencernaan jika mereka mengkonsumsinya secara teratur. Masalah pencernaan ini biasanya terjadi terutama pada orang tua dan anak-anak, antara lain sembelit dan gangguan perut lainnya.

Karena masalah ini, ahli gizi dan ahli gizi tidak menyarankan pasien untuk makan roti. Efek berbahaya dari makan roti setiap hari mungkin tidak muncul dalam satu atau dua hari, tapi dapat menyebabkan gangguan parah di kemudian hari. Oleh karena itu, selalu aman untuk menghindari makan roti secara teratur.

loading...