Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit, olahraga dan makanan bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Hormon-hormon dalam tubuh memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat. Jika keseimbangan hormon terganggu, makan tubuh dapat terserang penyakit.

Ada berbagai cara alami untuk menyeimbangkan hormon, misalnya, wortel dapat memberikan efek sekresi estrogen yang berlebihan baik pada pria dan wanita. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketidakseimbangan hormon dapat merusak kesehatan, tidak peduli seberapa optimalnya iet anda. Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi kesehatan, dari kesehatan fisik sampai perasaan mood, semuanya tergantung pada fungsi hormon ini. Dalam masa pubertas, hormon adalah faktor yang paling penting yang menyebabkan jerawat, perubahan emosi, mood, dll, di kalangan remaja.

Berikut adalah beberapa cara agar keseimbangan hormon anda tetap terjaga atau bahkan menjadi lebih baik:

1. Asupan lemak sehat

Untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, sangat diperlukan asupan lemak sehat dalam diet anda. Lemak sehat berarti diet anda harus banyak mengandung asam lemak omega-3 dan mengurangi asam lemak omega-6. Gunakan minyak zaitun, minyak ikan dan minyak sehat lainnya untuk memasak.

2. Wortel

Makan wortel setiap hari dapat menjauhkan ketidakseimbangan hormon anda. Kandungan serat dalam wortel dapat mendetoksifikasi tubuh dari sekresi estrogen berlebih. Untuk pria dan wanita, wortel bekerja dengan baik dan dalam kasus wanita yang menderita PMS, makan wortel dapat memberikan efek yang baik.

3. Batasi asupan kafein

Terlalu banyak konsumsi kafein dapat mempengaruhi sistem endokrin, terutama bila anda sedang hamil. Artinya, bahwa minum teh lebih baik daripada minum kopi. Tapi, jika anda seorang pecandu kopi, tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa ke dalam secangkir kopi anda, karena merupakan lemak sehat dan dengan demikian dapat menekan efek negatif dari kafein.

4. Buttermint

Buttermints dapat menjaga tingkat gula darah anda dengan mengendalikan keinginan makan anda. Selain itu, buttermint mengandung asam lemak esensial yang penting untuk mengobati ketidakseimbangan hormon.

5. Cukup tidur

Tidur dapat memecahkan banyak masalah anda. Saat tidur, tubuh menjadi aktif dalam mengeluarkan racun, menyeimbangkan hormon dan merevitalisasi pikiran dan tubuh anda. Melewatkan tidur, bahkan meski hanya satu malam, dapat merusak keseimbangan hormon dan juga merusak kesehatan secara keseluruhan.

6. Makan hati

Makan hati dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menyeimbangkan hormon anda, karena hati dianggap sebagai superfood yang dapat menjaga keseimbangan hormonal. Hati mengandung vitamin A, yang dapat meningkatkan fungsi tiroid dan mendetoksifikasi tubuh.

7. Olahraga rutin

Bagi mereka yang menderita ketidakseimbangan hormon, olahraga yang salah dapat membuat situasi menjadi lebih buruk. Lakukan olahraga santai ketika anda sedang dalam proses menyeimbangkan hormon anda, misalnya berenang atau berjalan.

8. Hidrasi metabolik

Saat ini kita tahu bahwa anjuran minum 8 gelas setiap hari agar dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Tapi, para ahli juga menyarankan untuk tidak berlebihan minum air, karena hal ini dapat menguras elektrolit dan menyebabkan rendahnya tingkat electrolit dalam tubuh. Jadi untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh, minumlah hanya ketika anda haus.

9. Herbal

Herbal seperti daun raspberry merah dapat memecahkan masalah ketidakseimbangan hormon sehingga anda dapat memiliki tubuh yang sehat dan pikiran segar tanpa suplemen apapun.

10. Gelatin

Asam amino dalam gelatin dapat membantu dalam menjaga keseimbangan hormon anda. Gelatin dapat membantu fungsi tiroid. Hormon tiroid berperan membantu hormon-hormon lain dalam tubuh anda agar tetap menjalankan fungsinya.

11. Kuning telur

Karena takut obesitas, banyak orang menghindari makan kuning telur. Tapi, makan kuning telur ternyata dapat menjaga keseimbangan hormon anda. Kuning telur mengandung vitamin A dan D dan banyak mineral lain yang membantu tubuh dalam proses keseimbangan hormon.

12. Memeluk pasangan anda

Satu cara paling sederhana untuk menyeimbangkan hormon anda adalah memeluk pasangan anda setidaknya selama 20 detik, hal ini dapat meningkatkan kadar 'Hormon happiness' yang bernama oksitosin.

loading...