Orang melakukan pijat kaki bisa untuk sekedar santai atau juga untuk meningkatkan kesehatan, baik secara fisik dan mental. Bahkan, pijat kaki merupakan bagian integral dari pijat refleksi. Kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa kaki memiliki ujung saraf yang terkoneksi langsung ke berbagai organ dalam tubuh.

Jadi, melakukan pijat kaki dapat menimbulkan efek terapeutik, meskipun demikian hanya para ahli pijat terlatih yang dapat menawarkan pijat penyembuhan untuk kaki anda. Tetapi jika anda hanya ingin meningkatkan sirkulasi darah di kaki anda dan menikmati efek relaksasi, anda bisa memijat kaki anda menggunakan tangan sendiri.

Berikut adalah beberapa manfaat melakukan pijat kaki:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Sebagai pijat kaki dapat meningkatkan aliran energi dan merangsang titik-titik tertentu pada kaki, anda akan dapat lebih cepat tertidur dan menikmati tidur yang berkualitas.

2. Meminimalkan nyeri punggung

Merangsang titik-titik tertentu pada kaki dapat meminimalkan nyeri punggung. Tentu saja, hanya ahli dapat melakukan pijat seperti itu.

3. Mengurangi stress

Menekan titik-titik tertentu pada kaki, dapat memungkinkan tubuh untuk rileks dengan baik. Hal ini akan mengurangi kecemasan dan stres.

4. Menormalkan sirkulasi darah

Pakaian, gaya hidup dan alas kaki cenderung menghambat sirkulasi darah ke kaki. Pijat dapat menormalkan sirkulasi darah ke kaki.

5. Mencegah kaki bengkak

Kaki bengkak bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Melakukan pijat kaki secara teratur bisa mencegah masalah tersebut.

6. Menurunkan tekanan darah

Studi tertentu mengklaim bahwa pijat kaki sebelum tidur dapat menurunkan tekanan darah.

7. Menghilangkan rasa sakit pada kaki

Melakukan pijatan pada kaki ternyata dapat menghilangkan rasa sakit yang terjadi pada kaki.