Semangka sepertinya merupakan berkah di musim kemarau, selain menyegarkan, buah ini juga menyehatkan. Ketika makan semangka cenderung kita membuang bijinya, bahkan saat ini terdapat pula varietas semangka tanpa biji. Padahal di dalam biji semangka terkandung manfaat kesehatan yang sangat berlimpah.

Biji semangka mengandung mineral, protein dan asam lemak. Biji semangka juga mengandung folat, niacin, thiamin, tembaga, fosfor, seng, besi, mangan, kalium dan magnesium. Juga, biji semangka ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan anda. Biji semangka dimanfaatkan dengan cara dimasak atau ditumbuk menjadi pasta sebelum dikonsumsi.

Banyak sumber mengatakan bahwa biji semangka memiliki potensi untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan saluran kemih dan ginjal. Merebus biji semangka dalam air dan meminumnya diyakini dapat membersihkan ginjal.

Berikut adalah beberapa manfaat biji semangka bagi kesehatan:

1. Baik untuk imunitas

Kandungan magnesium yang terdapat dalam biji semangka baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

2. Memperlambat penuaan

Biji semangka kaya akan kandungan anti-oksidan. Mereka dapat memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit anda tetap sehat.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Biji semangka juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai Arginine yang dapat mencegah masalah tekanan darah.

Dalam biji semangka, ditemukan zat lemak yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu asam lemak omega-6, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Fungsi lemak yang terdapat pada biji semangka ini adalah untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Asam amino

Air biji semangka mengandung Argnine dan lisin, suatu senyawa asam amino yang berperan penting dalam metabolisme.

Protein yang terkandung dalam biji semangka ini terdiri dari beberapa komponen serta varian asam amino. Adanya protein asam amino tersebut hingga saat ini diklaim mampu mengobati penyakit jantung koroner.

5. Diabetes

Rebus beberapa biji semangka dalam air selama lebih dari 30 menit dan mengkonsumsinya. Obat ini baik untuk mengendalikan gejala diabetes. Namun, jangan meminumnya lebih dari 2 hari berturut-turut.

6. Baik untuk jantung

Mereka biji-bijian mengandung magnesium, yang dapat melindungi jantung dan mengurangi risiko serangan jantung.

7. Pemulihan lebih cepat

Biji semangka juga dapat membantu dalam proses pemulihan setelah anda sakit. Konsultasikan dengan dokter sebelum anda mencoba obat ini selama proses pemulihan.

8. Edema

Biji semangka bila dikonsumsi dalam bentuk teh dapat membantu mengobati edema.

9. Untuk pria

Biji semangka mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan libido laki-laki.

Selain lycopene, biji semangka juga mengandung arginin. Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa arginin dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh yang membantu dalam mengobati disfungsi ereksi arteriogenic akut sambil meningkatkan produksi sperma.

10. Mineral magnesium

Biji semangka merupakan sumber yang baik dari magnesium dengan 100 gram biji menyediakan 139 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Magnesium sangat penting untuk fungsi normal jantung, pemeliharaan tekanan darah normal, mendukung proses metabolisme dan sintesis protein.

loading...