Biji pepaya, si hitam kecil yang pahitnya minta ampun kalau termakan ketika kita makan pepaya, menurut beberapa studi ternyata mengandung sifat obat. Biji pepaya dapat mencegah masalah hati dan bahkan menghilangkan cacing di usus, selain itu biji pepaya juga dapat membasmi racun yang menumpuk di usus, lever, dan ginjal serta mengontrol kadar kolesterol.

Biji pepaya mengandung banyak senyawa kimia penting, antara lain : protein, lemak tak jenuh, asam oleat, alkaloid, steroid, tanin, minyak atsiri, fenol, saponin, dan masih banyak yang lain.

Biji pepaya bisa dimakan mentah langsung, atau dapat dijadikan pasta untuk dicampurkan dengan makanan, atau bahkan dibikin minuman seperti kopi biji pepaya.

Tapi harus diingat bahwa ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui bayi sebaiknya tidak memakan biji pepaya. Karena beberapa sifat obat yang terlalu kuat, biji pepaya juga tidak disarankan buat anak-anak. Biji pepaya juga jangan dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut adalah beberapa khasiat makan biji pepaya bagi kesehatan:

1. Menyehatkan pencernaan

Biji pepaya mengandung enzim yang dikenal sebagai papain. Enzim ini dapat membantu dalam proses pencernaan.

2. Membunuh cacing di usus

Biji pepaya juga dapat membunuh cacing di usus anda. Beberapa jenis organisme mikro yang berbahaya tidak dapat berkembang dalam usus ketika anda mengkonsumsi biji pepaya.

3. Kontrasepsi alami

Kita semua tahu bahwa biji pepaya diyakini memiliki sifat kontrasepsi alami. Bahkan pada pria, biji pepaya dapat meminimalkan kesuburan.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Biji pepaya juga dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. Biji buah pepaya kering memiliki kandungan zat yang disebut isothiocyanate. Fungsinya sangat baik membuat perlindungan usus besar, payudara, paru-paru, leukemia dan kanker prostat dari sel kanker.

5. Anti inflamasi

Biji pepaya mengandung sifat anti-inflamasi. Arthritis, bengkak, dan beberapa jenis sakit lainnya dapat diminimalkan.

6. Menghilangkan bakteri

Biji pepaya juga dapat menghilangkan bakteri seperti staphylococus, E. coli, dan bahkan Salmonella yang berbahaya. Bahkan, biji pepaya dapat bekerja sebagai obat untuk tipus, demam berdarah dan infeksi virus lainnya.

7. Menyembuhkan sirosis hati

Biji pepaya dapat menyembuhkan sirosis hati hati. Konsumsilah pasta dari biji pepaya bersama dengan jus lemon untuk mendapatkan efek terbaik.

8. Mencegah gagal ginjal

Biji pepaya ampuh membasmi racun tubuh yang dapat memberatkan kinerja ginjal. Hal tersebut tentu dapat mengurangi risiko terkena penyakit gagal ginjal.

9. Menyehatkan jantung

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, Biji pepaya juga memiliki kandungan anti kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung.

10. Mencegah dan mengatasi rambut beruban

Kandungan senyawa Glucoside carcirindan yang terdapat dalam dalam biji pepaya ampuh mencegah timbulnya uban dan dapat menghitamkan rambut. Caranya, keringkan biji pepaya, sangrai dan haluskan. Setelah itu, campurkan dengan minyak kelapa dan oleskan pada rambut secara merata pada malam hari sebelum tidur.

11. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut penelitian, biji pepaya terbukti secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

loading...