Aktifitas sehari-hari dapat membuat anda lelah secara fisik maupun emosional, oleh karena itu penting sekali asupan makanan untuk meningkatkan energi harian anda. Beberapa hari terkadang lebih melelahkan dibanding hari lainnya.

Berbagai jenis makanan yang dimakan setiap hari memainkan peran penting dalam membangun tingkat energi anda, setiap harinya. Makanan yang tinggi kalori dan lemak dapat membuat anda merasa lelah karena mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan energi anda:

Biji-bijian utuh

Biji-bijian kaya akan kandungan karbohidrat kompleks, yang dikemas dengan mineral dan vitamin. Ketika anda makan biji-bijian dalam sarapan, hal itu akan membuat perut kenyang sampai makan siang dan karbohidrat yang ada di dalamnya membuat anda berenergi sepanjang hari.

Buah segar

Setiap kali anda merasa lelah, cobalah untuk makan salah satu buah-buahan segar. Buah-buahan segar mengandung gula alami yang dapat meningkatkan energi dan juga sarat dengan serat yang membantu mengontrol kadar gula darah.

Kelapa

Minyak kelapa terdiri dari trigliserida, yang merupakan jenis lemak yang akan diubah menjadi energi dengan sangat cepat dan efektif. Dengan demikian, kelapa merupakan salah satu dari berbagai makanan yang dapat membantu dalam mendapatkan energi instan dan menjauhkan anda dari kelesuan.

Ikan salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk produksi energi, sirkulasi otak dan aktivitas otak. Oleh karena itu, sertakan salmon untuk mendapat energi secara cepat.

Air lemon

Jika anda ingin mendapatkan dorongan instan di tingkat energi anda, cobalah air lemon. Ini adalah minuman energi alami, yang penuh dengan elektrolit yang penting untuk sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi. Air lemon juga dapat meningkatkan mood, yang langsung menghidrasi tubuh anda dan mengurangi kelelahan akibat dehidrasi.

Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan untuk meningkatkan energi. Asparagus sarat dengan vitamin B, yang akan mengubah karbohidrat makanan menjadi glukosa (energi). Asparagus juga penuh dengan serat yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Coklat hitam

Dark chocolate mengandung "Theobromine", yang merupakan stimulan alami seperti kafein yang  dapat meningkatkan energi dan mengangkat suasana hati. Makan coklat hitam sedikit setelah makan siang untuk menjaga diri anda tetap berenergi.

Telur

Telur merupakan sumber protein dan zat besi. Telur sarat dengan vitamin B juga, yang mengubah makanan menjadi energi. Dengan demikian, telur adalah makanan luar biasa untuk meningkatkan energi, yang dapat membuat anda tetap berenergi sepanjang hari.

Kapulaga

Kapulaga dapat meningkatkan energi anda dan mendorong aliran darah dengan memperbesar pembuluh darah kecil. Campurkan rempah-rempah energik ini resep masakan harian anda atau buatlah secangkir teh dengan menambahkan kapulaga untuk menjaga anda dari kelesuan.

Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan yang luar biasa untuk meningkatkan energi. Almond, kacang mede dan hazelnut mengandung kaya magnesium yang membantu dalam transformasi gula menjadi energi. Kacang juga mengandung serat dapat dapat menjaga kadar gula darah anda. Kacang juga mengandung protein yang membantu mengendalikan rasa lapar.

loading...