Saat ini, di mana penampilan merupakan hal yang utama, sinar matahari merupakan sesuatu yang bisa dibilang menakutkan, karena efeknya yang dapat menimbulkan kerusakan pada kesehatan terutama kulit. Di sisi lain, sinar matahari sangat penting bagi kesehatan tulang, terutama di masa pertumbuhan. Pemilihan waktu yang tepat untuk terkena paparan sinar matahari sangat penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan menghindari efek merugikan bagi kesehatan.

Penelitian menyatakan bahwa radiasi UV dari matahari dapat menyebabkan kondisi seperti sunburns, tanning, penuaan dini pada kulit, gangguan mata, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kanker kulit, dll. Beberapa kondisi kesehatan yang disebutkan di atas bisa sangat parah dan bahkan fatal, sehingga wajar saja bahwa kita merasa perlu untuk melindungi diri dari pancaran sinar matahari.

Selain itu, radiasi matahari juga dapat menyebabkan pigmentasi dan bercak pada kulit yang tidak merata yang dapat memperburuk penampilan kita. Jadi, sangat penting untuk melindungi diri dari bahaya sinar matahari. Selain menggunakan SPF eksternal, anda juga dapat mencoba mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat membuat anda aman dari sinar matahari secara internal.

Nutrisi yang ditemukan dalam makanan ini dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh Anda untuk melawan efek kerusakan yang menyebabkan matahari.

Berikut adalah 10 jenis makanan yang memberikan perlindungan alami terhadap bahaya sinar matahari:

1. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten, yang dapat membantu tubuh untuk melindungi diri dari efek berbahaya dari sinar matahari. Wortel juga dapat menyembuhkan sunburns dengan cepat, karena wortel kaya akan vitamin E.

2. Jeruk

Jeruk, lemon, dan jenis jeruk lainnya, kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C dikenal dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Buah jeruk juga dapat melindungi kulit anda dari sunburns dan pigmentasi.

3. Delima

Delima kaya akan antioksidan dan asam ellagic, yang dikenal dapat memberikan perlindungan yang luar biasa dari UVA dan UVB dari sinar matahari. Buah lezat ini dikenal untuk meningkatkan sifat pelindung dari SPF berbasis kimia sebesar 20%.

4. Strawberry

Kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C, stroberi adalah salah satu makanan yang bersifat SPF alami terbaik. Strawberry melindungi kulit anda dari kerusakan radikal bebas dari sinar matahari dan menjadikannya kulit tetap sehat.

5. Teh hijau

Green Tea kaya akan asam tanat, yang dapat meredakan luka bakar akibat sinar matahari. Selain itu, dapat melindungi tubuh anda dari sinar UV, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, sehingga teh hijau bertindak sebagai SPF alami.

6. Almond

Almond mengandung quercetin, yang dikenal untuk membantu sistem kekebalan tubuh anda melindungi diri dari radiasi UV yang berbahaya. Juga, vitamin E dalam almond dapat membantu menyembuhkan sunburns dan tanning kulit.

7. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C, lycopene dan antioksidan. Kombinasi nutrisi ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh anda lebih kuat dan melindungi tubuh dari radiasi UV dan radikal bebas.

8. Semangka

Semangka adalah buah pendingin alami yang bisa mengurangi panas tubuh. Selain itu, juga mengandung 40% lebih lycopene daripada tomat, yang membuat semangka sebagai SPF alami yang sangat baik.

9. Kunyit

Kunyit kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, oleh kerananya kunyit dapat melindungi kulit anda dari efek sinar matahari dan menjaga kulit anda tetap sehat dan bercahaya.

10. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, dll, memberi nutrisi pada kulit dan memperkuatnya dari dalam. Juga, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal yang disebabkan oleh sinar UV, sehingga pada akhirnya dapat mencegah kanker kulit.

loading...