Sebagian besar dari kita bergantung pada antibiotik farmasi untuk menyembuhkan sakit yang diderita sehari-hari, yang mungkin saja sakit tersebut sebenarnya biasa saja. Ketergantungan yang berlebihan pada antibiotik farmasi memiliki efek merugikan pada sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan beberapa masalah di kemudian hari. Beberapa antibiotik bahkan dapat memiliki efek samping yang lebih buruk pada penggunanya, daripada manfaatnya.

Mungkin, inilah saatnya mengubah kebiasaan untuk mulai menggunakan bahan alami dalam pengobatan, karena diyakini lebih baik dan lebih aman. Bukan saja herbal yang khusus untuk pengobatan, bahkan banyak bahan makanan sehari-hari, yang memiliki sifat pengobatan secara alami. Masyarakat tradisional telah selama hidupnya menggunakan bahan alam untuk mengatasi berbagai masalah kesehatannya.

Berikut adalah beberapa bahan alam yang memiliki sifat pengobatan alami, yang bahkan khasiatnya bisa lebih hebat dibanding obat pabrikan:

1. Bawang putih

Bawang putih, bumbu dapur yang sarat dengan vitamin, nutrisi dan komponen lainnya ini, memiliki kemampuan besar dalam memerangi infeksi seperti flu dan pilek. Bawang putih dapat secara efektif menghancurkan bakteri yang menyebabkan infeksi. Makanlah bawang putih  jika anda menderita pilek atau jika anda ingin mencegah infeksi tersebut. Bawang putih bekerja sebagai antibiotik alami yang luar biasa.

2. Madu

Madu telah dikenal memiliki sifat sebagai antiseptik dan antimikroba. Enzim dalam madu dikenal untuk melepaskan hidrogen peroksida, yang berperan melawan infeksi. Selain itu, mdu juga bisa membuang racun dari tubuh, yang membantu organ-organ tubuh berfungsi dengan baik. Madu sangat berkhasiat untuk sistem pencernaan dan juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh, madu merupakan salah satu antibiotik alami yang paling efektif.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel biasanya banyak digunakan dalam usaha penurunan berat badan, cuka sari apel mentah juga memberikan pertahanan alami yang luar biasa bagi tubuh. Cuka apel bisa membebaskan tubuh dari bahan kimia dan juga merupakan desinfektan tubuh yang efektif.

4. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan yang bisa dikatakan tidak terbatas. Kunyit memiliki beberapa sifat antibakteri yang sangat ampuh untuk memerangi bakteri.

5. Virgin coconut oil

Kelapa adalah salah satu hadiah terbaik dari alam untuk umat manusia. Manfaat kesehatan yang sangat berlimpah menjadikan virgin coconut oil sebagai antibiotik alami yang luar biasa. VCO kaya akan kandungan anti-jamur dan antibakteri, yang dapat secara signifikan menyembuhkan infeksi sehari-hari.

6. Kubis

Kubis yang sarat dengan vitamin C dan senyawa sulfur yang dapat secara efektif melawan infeksi. Makanlah kubis untuk melawan infeksi yang ada atau untuk mencegah infeksi di kemudian hari.

7. Ekstrak biji anggur

Menurut sebuah penelitian terbaru, ekstrak biji anggur dapat secara efektif melawan lebih dari seratus bentuk bakteri dan virus. Ekstrak biji anggur sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan, alkalising tubuh secara alami, dll.

8. Makanan fermentasi

Beberapa contoh zat makanan fermentasi yaitu acar mentah, yoghurt probiotik, dll. Makanan yang difermentasi memiliki manfaat besar untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga secara alami dapat mempertahankan tubuh terhadap invasi patogen yang menyebabkan infeksi.

9. Jahe

Jahe sangat bagus untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui makanan. Jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu tubuh dalam menyingkirkan infeksi, yang pada gilirannya akan membuat tubuh lebih kebal.

loading...