Manfaat pisang pasti sudah banyak diketahui orang, dari mulai buahnya, daunnya sampai batang dan bonggolnya sekalipun. Ternyata batang pisang bagian dalam, atau ares, memiliki banyak manfaat, misalnya untuk pakan ternak, untuk obat tradisional dan di pedesaan juga masih banyak yang memanfaatkannya sebagai bahan masakan, baik tumis ataupun lodeh.

Dua pertiga kandungan batang pisang merupakan air dan sepertiga bagian yang bisa dimakan memiliki kandungan protein, lemak, mineral dan vitamin. Batang pisang juga merupakan sumber yang baik dari serat, kalium, fosfor, B6 dan kalsium. Sehingga pada kenyataannya batang pisang memiliki nilai gizi selain rasanya yang khas.

Selain untuk bahan masakan, batang pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan, antara lain untuk obat diare, obat wasir, gigitan ular, mengatasi rambut rontok dan beruban, obat sembelit, membersihkan ginjal, dan lain-lainnya.

Saat ini batang pisang banyak dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Cara membuat jus minuman sehat dari batang pohon pisang yang tidaklah sulit, batang pohon pisang yang sudah dipotong-potong dicampurkan dengan air pada mesin blender, untuk menambah rasa bisa ditambahkan santan, madu, garam atau lemon.

Berikut adalah beberapa manfaat batang pisang bagi kesehatan:

1. Menjaga gula darah stabil

Batang pisang memiliki indeks glikemik yang rendah,dan itu artinya baik bagi penderita diabetes. Makan masakan olahan batang pisang tidak akan meningkatkan kadar gula darah anda.

2. Mencegah infeksi saluran kemih

Kandungan kalium dan vitamin lain yang hadir di batang pisang dapat mengobati gejala tertentu dari infeksi saluran kemih.

3. Detoksifikasi sistem tubuh

Jus batang pisang dapat membantu proses detoksifikasi seluruh sistem tubuh dalam waktu yang singkat. Sama seperti jus hijau lainnya, dapat membersihkan sistem tubuh anda.

4. Mengurangi keasaman tubuh

Jika anda minum secangkir jus batang pisang setiap pagi, makan tingkat keasaman tubuh anda dapat berkurang.

5. Mencegah batu ginjal

Jika ada benjolan kalsium di ginjal, mengkonsumsi batang pisang dapat membantu karena bersifat diuretik yang dapat mencegah batu ginjal.

6. Menurunkan befat badan

Rumus menurunkan berat badan sangatlah sederhana, anda harus membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang anda masukan atau makan. Batang pisang mengandung banyak serat dan rendah kalori, hal ini dapat membuat anda merasa cepat kenyang dan membantu anda mengontrol keinginan untuk makan. Jika anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk membuat jus dari batang pisang atau carilah resep masakan batang pisang.

7. Mencegah sembelit

Batang pisang dapat mencegah sembelit karena kandungannya yang kaya akan serat. Buatlah jus batang pisang dan pastikan anda tidak menyaringnya sebelum meninumnya.