Bisakah jeruk menyembuhkan batuk? Ada begitu banyak mitos terkait batuk dan pilek yang membuat orang bingung. Ada yang mengatakan produk susu tidak baik untuk batuk dan orang yang sedang pilek dan ada juga orang yang melarang makan jeruk ketika anda menderita batuk yang parah. Tapi ada juga orang yang mengobati batuknya dengan perasan jeruk nipis dicampur kecap atau madu.

Entah mitos atau bukan, tetapi melarang makan jeruk ketika batuk tidaklah didukung dengan bukti ilmiahnya. Jadi apakah jeruk dapat dapat menyembuhkan batuk? Jawabannya adalah ya. Jeruk, termata jeruk nipis (Citrus aurantifolia), mengandung minyak astiri dan zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga dapat meredakan batuk. Selain itu, jeruk nipis mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, minyak limonene, flavonoid, naringin, zat besi dan fosfor.

Namun, batuk dapat terjadi karena berbagai alasan. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengobati sendiri batuk anda.

Berikut adalah manfaat makan jeruk ketika anda batuk atau pilek:

1. Sumber cairan

Selama batuk dan pilek, tubuh membutuhkan cairan yang cukup. Tapi, mungkin anda tidak selalu minum air karena berbagai alasan. Buah-buahan ini penuh dengan cairan yang penting dan diperlukan untuk mengisi tubuh selama batuk dan pilek. Juga, buah ini dapat memberikan rasa tajam untuk merasa baikan.

2. Sumber nutrisi

Buah-buahan seperti lemon, jeruk, anggur, dll, penuh dengan Vitamin B, C, dan mineral lainnya seperti kalium, serat, karbohidrat, dll, yang diperlukan ketika tubuh anda sedang melawan dengan serangan virus.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hal ini merupakan salah satu manfaat paling penting dari makan buah jeruk selama anda batuk. Buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang akan membuat kekebalan tubh yang kuat dan membantu anda untuk melawan serangan bakteri dan virus. Juga, kandungan serat dalam buah jeruk dapat membangun pertahanan terhadap penyakit apapun.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Jeruk lemon, baik segar maupun dibuat jus, bermanfaat dalam mengobati sakit tenggorokan, yang merupakan gejala penting dari batuk. Cara membuatnya cukup mudah anda bisa siapkan 2 buah lemon kemudian anda peras lemon tersebut dan ambil airnya, air perasan lemon bisa anda campurkan dengan madu murni dan bisa langsung anda minum. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

Salad buah

Sekarang, jika anda atau salah satu anggota keluarga anda menderita batuk, siapkan semangkuk lezat salad buah, misalnya campuran jeruk, jeruk nipis, nanas dan anggur, taburi sedikit garam, lalu aduk dan campur dengan sedikit jus lemon, dan hasilnya: salad enak ini akan meringankan batuk anda.

loading...