Apakah 'gelap' tampak 'lebih gelap' bagi Anda? Apakah anda memiliki kesulitan dalam berjalan atau mengemudi di malam hari? Apakah anda menghadapi masalah dalam menonton TV di malam hari? Apakah penglihatan anda kabur, terutama pada malam hari? Jika jawaban dari sebagian atau seluruhnya adalah ya, maka anda mungkin menderita rabun senja atau rabun ayam.

Masalah penglihatan pada malam hari memiliki berbagai penyebab, yang paling umum adalah kekurangan vitamin A, khususnya pada anak-anak. Penyebab lainnya termasuk rabun jauh, mengalami katarak, retinitis pigmentosa (gangguan degeneratif retina), malabsorpsi (kurangnya penyerapan vitamin A), penyakit diabetes, adanya degenerasi makula dan lahir dalam keadaan cacat.

Pengobatan rabun senja akan tergantung pada penyebabnya, darr mulai yang sederhana berupa anjuran memakai kacamata sampai melakukan operasi dalam kasus katarak. Jika dokter mendiagnosis bahwa rabun senja akibat kekurangan vitamin A, maka memenuhi asupan akan zat ini menjadi direkomendasikan.

Terdapat beberpa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan penglihatan di malam hari, antara lain uah-buahan, sayuran dan ikan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kubis, kol dan bit, memperkaya tubuh dengan vitamin A, yang pada gilirannya membantu melindungi kornea (permukaan mata) dan meningkatkan penglihatan pada malam hari. Buatlah salad atau tambahkan sayuran ini dalam sup.

2. Buah-buahan

Blueberry, blackberry, stroberi, raspberry, buah delima, anggur, buah kiwi, nanas, jambu, dll, kaya akan kandungan vitamin C, yang dapat mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak. Makanlah buah segar secara langsung atau buat jus buah.

3. Buah kering

Buah-buahan yang kering merupakan makanan ringan yang dapat membantu meningkatkan penglihatan malam anda. Almond, aprikot dan kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang keduanya penting bagi penglihatan malam yang baik dan kesehatan mata secara keseluruhan.

4. Sereal

Oats, millets, barley, dll, adalah sereal yang tidak hanya memuaskan perut saja tetapi juga baik buat mata. Makan sereal yang diperkaya sangat baik untuk meningkatkan penglihatan anda pada malam hari.

5. Kurangi kafein dan perbanyak teh hijau

Penelitian mengatakan bahwa konsumsi berlebihan kopi berkafein dapat menempatkan kita pada risiko yang lebih tinggi akan terjadinya pengelupasan kulit glaukoma, sedangkan konsumsi teh hijau dapat menguntungkan mata terhadap stres oksidatif, karena kaya akan vitamin C, E dan catechin.

6. Minum susu

Susu, yang kaya akan vitamin D, membantu untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari, terutama pada wanita; dan studi mengatakan bahwa wanita dengan tingkat tertinggi vitamin D akan berkurang resikonya berkaitan dengan degenerasi makula, salah satu dari penyebab rabun senja.

7. Makan ikan

Ikan seperti salmon, mackeral, sarden, tuna, dll, yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi dari degenerasi makula dan sindrom mata kering, sehingga ikan merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari. Tiram, kerang, dll, yang kaya kandungan seng, juga dapat meningkatkan penglihatan di malam hari.

8. Wortel

Sayuran berwarna oranye terang seperti wortel diketahui dapat membantu penglihatan anda pada malam hari, karena kandungan beta-karotennya, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Makanan terbaik lain untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari, yang tinggi dalam beta-karoten dan juga vitamin C, termasuk ubi jalar, squashes dan labu.

loading...