Minum air lemon, atau jus buah atau jus sayuran di pagi hari ternyata merupakan kebiasaan sehat yang baik bagi tubuh dan banyak manfatnya bagi kesehatan, termasuk juga minum air kunyit hangat.

Kunyit adalah anti-inflamasi dan mengandung anti-oksidan, dan hal itu sangat baik untuk anda mencobanya. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa penyembuhan ini memiliki reputasi yang sangat baik bahkan di kalangan ilmiah. Jadi, anda tidak bisa meremehkan kunyit hanya karena kunyit merupakan ramuan tradisional. Bahkan penelitian terbaru setuju dengan kekuatan penyembuhan dari kunyit.

Cukup mudah untuk membuat air kunyit, sediakan secangkir air hangat dan tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit, dan bisa ditambahkan setengah sendok bubuk lada hitam. Aduk semuanya sampai rata. Cobalah untuk minum setiap pagi ketika masih hangat. Kunyit aman dikonsumsi setiap hari, asalkan tidak berlebihan.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari air kunyit:

1. Mempertahankan alkalinitas tubuh

Kunyit merupakan bahan yang dapat meng-alkalise sistem tubuh anda, minum air kunyit secara teratur dapat melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Bahkan, beberapa jenis kanker terjadi karena lingkungan yang asam dalam tubuh anda.

2. Mencegah diabetes

Banyak penelitian menyatakan bahwa minum air kunyit hangat bahkan dapat mencegah diabetes tipe 2. Senyawa kurkumin pada kunyit diyakini dapat membantu mengatur produksi hormon insulin dalam tubuh, mengontrol dan menyeimbangkan gula darah dan trigliserida, mencegah pengembangan resistensi insulin atau sensitivitas insulin, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah infeksi dan radang, mengurangi lemak, dan mengurangi stres. Dengan demikian kunyit dapat membantu menyembuhkan dan pencegahan diabetes.

3. Baik untuk hati

Kunyit juga dapat melindungi hati anda. Racun merusak hati; kunyit dapat membantu hati anda regenerasi sendiri.

4. Memperlambat penuaan

Anti-oksidan dalam kunyit dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu anda memperlambat penuaan dini.

5. Baik untuk pencernaan

Kunyit diketahui dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan pencernaan. Kunyit baik buat lambung, mengatasi sembelit, dan masalah perut lainya.

Menurut sebuah penelitian, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi masalah terkait dengan pencernaan dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin larut lemak dalam usus kecil.

6. Mengurangi peradangan

Banyak yang setuju bahwa kunyit bekerja lebih baik daripada sebagian besar obat anti-inflamasi yang tersedia.

7. Mengurangi nyeri sendi

Kunyit merupakan senyawa anti-inflamasi, oleh karena itu dapat menyembuhkan bengkak dan nyeri pada persendian.

8. Baik untuk jantung

Kunyit mengandung kurkumin yang memainkan peran dalam mencegah pembekuan darah dan penumpukan plak. Jadi, kunyit baik untuk kesehatan jantung anda.

9. Mencegah jenis kanker tertentu

Antioksidan yang dikandung dalam kunyit dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh beberapa jenis kanker.

loading...