Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah gangguan serius yang mungkin memerlukan bantuan medis secara teratur. Pertama, apakah tekanan darah itu? Jantung berperan dalam mensirkulasi darah ke seluruh tubuh anda, jantung bekerja seperti pompa yang tanpa lelah mengirimkan darah ke seluruh tubuh.

Ketika darah dipompa, tekanan yang ada di pembuluh darah dikenal sebagai tekanan darah. Meskipun tekanan darah yang ideal harus sekitar 120/80 untuk orang dewasa normal, banyak faktor lain yang ikut mempengaruhi angka tekanan darah itu dan apakah orang tersebut sehat atau tidak. Pada beberapa orang dewasa sehat yang menjalani kegiatan fisik tertentu, angka tekanan darahnya bisa saja lebih. Jika dokter mengatakan bahwa tekanan darah anda tinggi, maka anda perlu mengambil langkah-langkah untuk menormalkan tekanan darah tersebut.

Jika perubahan gaya hidup tidak juga bekerja dalam menurunkan tekanan darah, maka dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menurunkannya. Pada dasarnya, tekanan darah tinggi dapat dikelola melalui teknik relaksasi, kebiasaan makan yang baik dan tidur cukup.

Berikut adalah 7 faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah anda menjadi tinggi:

1. Produk tembakau

Semua jenis produk tembakau dapat meningkatkan risiko tekanan darah. Segeralah berhenti jika anda merokok, baik aktif maupun pasif.

2. Kopi

Apakah anda menyadarinya atau tidak, kecanduan kopi bisa berbahaya seperti alkohol atau kecanduan tembakau. Hal itu juga bisa menyebabkan stres dan mengganggu metabolisme anda, bahkan konsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan hipertensi.

3. Stress

Ketika anda mengalami stres, tekanan darah anda mungkin akan meningkat. Stres adalah faktor yang paling berbahaya yang dapat memberikan kontribusi untuk tekanan darah tinggi.

4. Garam

Sebagian besar makanan cepat saji, junk food dan juga makanan sehari-hari yang kita makan mengandung garam. Garam adalah kontributor sangat berbahaya bagi tekanan darah dan mengurangi asupan garam sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

5. Alkohol

Banyak penelitian menemukan hubungan antara alkohol dan tekanan darah dan karena hal ini juga mengapa para ahli kesehatan menyarankan berhenti minum alkohol.

6. Tidak aktif secara fisik

Tingkat aktivitas tubuh dapat mempengaruhi arteri anda. Jika mereka kehilangan elastisitasnya, makan tekanan darah anda mungkin meningkat. Oleh karena itu, aktifitas fisik dan olahraga secara rutin sangat dianjurkan untuk memelihara tekanan darah tetap normal.

7. Makanan

Semua makanan tidak sehat yang mengandung pengawet dan bahan kimia tambahan adalah tidak sehat untuk sistem tubuh anda dan harus dihindari untuk mencegah masalah tekanan darah. Makanan tinggi kalori, lemak, dan gula, harus anda kurangi untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

loading...