Sebagian besar makanan olahan cenderung membahayakan tubuh, karena dapat mengubah nilai pH di dalam tubuh, dan hal ini dapat membuat berbagai masalah kesehatan tubuh.

Pada umumnya, tubuh cenderung menjadi sehat bila basa, yang berarti mengandung pH lebih dari 7. Kadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35-7.45, yakni sedikit alkaline. pH atau Potential Hydrogen merupakan konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat yang menentukan tingkat keasaman atau basa. Standar pH adalah 0-14. Sedangkan pH ideal atau normal untuk manusia adalah 7-7,4. Tubuh manusia memang sedikit basa, dan dengan pH ideal tubuh akan lebih kuat menahan penyakit.

Tapi ketika kebiasaan makanan anda membuat tuuh menjadi 'asam', maka anda cenderung menderita masalah kesehatan tertentu dalam jangka panjang. Cara terbaik untuk menjaga alkalinitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, bukan makanan olahan yang mengandung bahan kimia tambahan.

Jadi, jika anda ingin mempertahankan alkalinitas, pertimbangkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini. Atau jika tubuh anda cenerung sudah asam dan mudah terserang penyakit, maka cobalah untuk melakukan perubahan pola makan dan minum, hal ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk mempertahankan alkalinitas tubuh anda:

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan juga merupakan makanan terbaik yang bersifat alkali yang baik untuk kesehatan. Gunakanlah minyak zaitun dalam resep masakan anda sehari-hari.

Pisang

Buah lezat ini juga merupakan makanan yang baik buat alkalinitas tubuh anda, makanlah 1 atau 2 pisang setiap harinya. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki kisaran pH 8.0, pisang bereaksi secara kimiawi terhadap makanan yang bersifat asam dengan pH 5.0, menjadikan pH asam tersebut naik menjadi bersifat alkali.

Wortel

Wortel baik untuk penglihatan mata anda dan juga mengandung banyak nutrisi termasuk beta karoten. Jus wortel dapat mempertahankan alkalinitas sistem tubuh anda.

Semangka

Makanan alkali jenis ini juga dapat membersihkan tubuh anda. Pada kenyataannya, semangka juga baik untuk kesehatan anda karena mereka dapat menghidrasi tubuh anda.

Dengan level pH 9.0, semangka sangat bersifat alkali. Dikarenakan memiliki kandungan serat serta kadar air sebesar 92% dari berat keseluruhannya, semangka bersifat diuretic menengah dan merupakan sumber beta karoten, lycopene dan vitamin C yang sangat bagus.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, dan karenanya alpukat baik untuk jantung anda juga. Karena khasiatnya, masukkanlah alpukat ke dalam daftar makanan yang bersifat alkali.

Jeruk lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan mereka juga melindungi tubuh anda terhadap infeksi. Jeruk lemon baik buat alkalinitas sistem tubuh anda. Dengan properti elektrolisisnya serta memiliki level pH 9.0, lemon dikategorikan sebagai makanan yang memiliki kandungan alkali paling tinggi. Lemon sangat bagus dan sangat cepat dalam meredakan demam, batuk, flu, heartburn (dada terbakar), hyperacidity (asam berlebih) dan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus.

Brokoli

Brokoli dapat meningkatkan PH yang terlalu asam dalam tubuh, sehingga akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan tubuh menjadi elastik, otot menjadi lentur, tulang pun menjadi lebih kuat. Selain sebagai makanan alkali, brokoli juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah anda.

Anggur

Anggur kaya anti-oksidan dan juga bersifat alkalising. Konsumsilah anggur secara teratur untuk kebaikan kesehatan anda. Dengan kandungan pH 8.5, anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga vitamin A, B dan C. Anggur baik untuk peredaran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah serta resiko penyakit jantung.

Bawang putih

Bawang putih adalah anti-mikroba dan rempah-rempah anti-inflamasi. Bawang putih juga berkhasiat mengontrol tekanan darah dan juga meng-alkalises sistem tubuh anda.

loading...