Kunyit merupakan bumbu dapur yang telah sejak lama digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Kita pasti sudah mendengar tentang manfaat kesehatan yang sangat besar dari kunyit. Para ilmuwan telah dan terus melakukan penelitian untuk mengungkapkan lebih banyak lagi manfaat kesehatan dari kunyit.

Berbagai penggunaan kunyit telah sangat meluas di masyarakat tradisional, antara lain untuk bahan jamu, minuman untuk menyembuhkan infeksi, demam, penyembuhan luka dll. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan membunuh infeksi dalam tubuh dan kulit. Kunyit juga mengurangi peradangan dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Teh kunyit dapat menyembuhkan segala macam infeksi tubuh, termasuk infeksi saluran kencing.

Untuk membuat teh kunyit sangatlah mudah, rebus dua gelas air dan kemudian campurkan satu sendok teh kunyit. Tambahkan madu untuk memberi rasa dan siap untuk dikonsumsi. Teh kunyit juga dapat menghilangkan rasa sakit dan radang amandel (tonsilitis). Anda juga bisa berkumur dengan teh kunyit untuk meringankan sakit tenggorokan.

Kunyit juga dapat digunakan secara eksternal. Kunyit yang dihancurkan dioleskan pada dahi untuk membantu meredakan sakit kepala. Kunyit juga dapat meredakan nyeri dan peradangan sendi, caranya oleskan pasta kunyit pada daerah yang sakit dan tutupi dengan kain katun tipis, biarkan semalam untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan.

Berikut adalah 11 manfaat kunyit teh kunyit untuk kesehatan:

1. Kanker mencegah

Teh kunyit dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Khasiat teh kunyit tersebut dapat ditingkatkan dengan menambahkan beberapa daun kembang kol. Giling daun kembang kol dan didihkan bersama teh kunyit untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Properti antiseptik

Teh kunyit dapat membunuh infeksi baik di dalam maupun di luar tubuh. Oleskan teh kunyit pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Teh kunyit juga bertindak sebagai antibiotik dan dapat membantu mengobati infeksi pada bagian tubuh tertentu.

3. Detoksifikasi hati

Teh kunyit adalah salah satu solusi alami terbaik untuk membersihkan hati dari akumulasi racun. Minum teh kunyit setiap hari selama 15 hari dapat meningkatkan fungsi hati dan mencegah dari berbagai penyakit.

4. Mengurangi nyeri dan peradangan

Teh kunyit juga bermanfaat bagi orang yang menderita nyeri sendi dan peradangan. Minum teh kunyit secara teratur dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Teh kunyit dapat meningkatkan metabolisme, sehingga mencegah penumpukan lemak. Hal ini akan membantu tubuh untuk menggunakan lebih banyak kalori, dan dengan demikian akan meningkatkan produksi energi.

6. Menghilangkan depresi

Teh kunyit telah lama digunakan di Cina untuk mengobati kecemasan dan depresi. Teh kunyit memiliki efek menenangkan dan santai di pikiran. Minum teh kunyit setiap hari dapat membuat kualitas tidur anda membaik.

7. Merawat kulit

Baik diminum maupun dioleskan ke kulit, teh kunyit merupakan obat alami terbaik untuk mengobati berbagai infeksi kulit seperti jerawat, jerawat, eksim, dll.

8. Mata yang sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan aktif, yang dikenal sebagai kurkumin, yang ditemukan dalam kunyit dapat mencegah kebutaan yang disebabkan oleh penyakit mata degeneratif. Teh kunyit telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan degenerasi makula.

9. Mencegah radang perut

Teh kunyit dapat membunuh bakteri yang dikenal sebagai Helicobacter pylori, yang bertanggung jawab dalam menyebabkan radang perut. Bakteri ini ditemukan di perut, dan jika infeksi tidak diobati dapat menyebabkan sakit maag dan bahkan kanker.

10. Sakit gigi dan bengkak

Untuk menghilangkan sakit gigi dan pembengkakan, buatlah teh kunyit dengan mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit minyak cengkeh dalam air mendidih (satu cangkir). Bilas dan berkumurlah, dan hal ini secara efektif akan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

11. Gigitan serangga

Teh kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga, untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Teh kunyit juga akan membantu dalam menghilangkan racun yang mungkin terdapat di dalam kulit bekas gigitan serangga tersebut.

loading...