Bekerja di kantor dari pagi sampai sore, selain menguras pikiran juga fisik, selain itu juga mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Oleh karena itu sangat penting untuk menyelingi "duduk" di kantor dengan olahraga ringan, misalnya jalan-jalan di sekitar kantor, atau meregangkan otot-otot, lakukan setiap hari agar tidak stress dan badan tetap sehat.

Kerja seharian, yang terkadang membuat anda berada dalam suasana penuh tekanan, kompetisi, deadline, kejar target, dan bisa saja membuat stress, dan juga akan menguras kesehatan anda. Penelitian di Eropa menemukan bahwa manusia yang bekerja 10 jam atau lebih setiap harinya memiliki resiko 60% lebih besar mengalami masalah kardiovaskular dan serangan jantung.

Sangat penting untuk menjaga asupan makanan selama jam kerja, karena tubuh anda sedang beristirahat dan tidak membakar kalori pada kecepatan yang lebih cepat. Berikut ini adalah sepuluh tips untuk menjaga diri tetap sehat saat bekerja dan secara efektif menjaga berbagai penyakit akibat gaya hidup anda:

1. Hidrasi dengan baik

Kebutuhan cairan selama jam kerja harus tercukupi dengan baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan produktifitas. Minumlah minimal 8-10 gelas dalam sehari dan termasuk buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti semangka dan anggur adalah langkah yang baik mencukupu kebutuhan cairan tubuh anda. Jika anda mungkin lupa untuk minum karena terlalu sibuk bekerja, cobalah untuk menempatkan botol air minum atau gelas minum anda di meja kerja.

2. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan yang sehat dan bergizi dapat menyediakan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas kerja harian, dan sekaligus menjaga kesehatan anda. Orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung untuk makan siang "wah" yang biasanya memiliki kadar kalori dan lemak yang tinggi.

Gorengan, lontong sayur, nasi uduk, bahkan mi ayam bisa saja tersedia pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan sarapan anda. Namun, sarapan di rumah atau membawa sarapan dari rumah tentu jauh lebih sehat dari semua makanan itu. Selain itu, sarapan juga menghindari anda merasa lapar sebelum jam makan siang tiba sehingga menghindari anda dari camilan yang tinggi kalori.

3. Makan siang yang sehat

Sebuah cara untuk tetap sehat di tempat kerja adalah makan siang yang sehat dengan banyak asupan protein. Mungkin membawa makan siang dari rumah adalah ide bagus, karena anda bisa atur menu yang seha. Sup, salad dan sayuran di menu makan siang anda dapat mengembalikan energi dan konsentrasi anda agar tetap prima sampai akhir jam kerja anda.

4. Istirahat sejenak

Ya, istirahat! Mungkin mustahil untuk bisa pulang ke rumah dan istirahat. Istirahat sejenak sangat penting di sela-sela waktu kerja, luangkan beberapa menit untuk sekedar merenung atau seperti meditasi yang mungkin bagus untuk menjaga ketenangan batin anda di tengah-tengah kesibukan anda.

Saat istirahat juga anda bisa melakukan kegiatan ringan seperti berjalan ke mushola, kantin, toilet, atau mungkin keliling ke beberapa ruangan lain. Cara ini akan membuat tubuh anda tetap bergerak dan aliran darah pun akan mengalir dengan lancar.

5. Kurangi minum kopi

Minum kopi biasanya dilakukan untuk memberikan energi baru serta untuk mengurangi rasa mengantuk. Tapi perlu diwaspadai juga, karena kecanduan kafein tentunya sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi, cobalah untuk hanya minum secangkir dalam 1 hari dan diimbangi dengan banyak minum air putih. Selain itu mengurangi gula atau krim dalam kopi dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kalori anda.

6. Perbanyak minum air putih

Kira tahu bahwa ada banyak sekali yang bisa didapat dari kebiasaan minum air putih, termasuk juga saat sedang bekerja. Dengan minum banyak air putih, apalagi bila bekerja di ruang ber-AC, ini akan membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi serta melancarkan peredaran darah ke otak sehingga anda bisa tetap fokus bekerja. Karena itu, minumlah air putih sebelum anda benar-benar haus.

7. Lakukan olahraga ringan

Pada umumnya, para pekerja sering kali melupakan olahraga. Padahal, olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sibuk kerja bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Tidak harus olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan ditengah-tengah menyelesaikan pekerjaan, misalnya dengan melakukan peregangan otot serta membiarkan tubuh anda rileks, jalan melalui tangga atau bisa juga jalan-jalan sebentar melihat pemandangan taman kantor.

loading...