Saat kehamilan, asupan makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Dan kadangkala si ibu hamil memiliki keinginan yang 'aneh-aneh' juga pada makanan, yang mungkin saja bisa akibatnya bisa buruk. Oleh karena itu selalu konsultasilah dengan dokter apa pun yang anda lakukan atau apa pun yang anda makan.

Sala satu makanan yang sehat bagi ibu hamil adalah semangka, terlebih dimakan saat panas musim kemarau, selain memuaskan rasa dahaga anda juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, nutrisi dalam semangka sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Berikut adalah beberapa manfaat semangka bagi ibu hamil:

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Selama kehamilan, anda harus selalu menjaga tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik, karena masalah dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi pada janin. Saat musim kemarau anda perlu cairan asupan yang lebih banyak dari biasanya. Semangka adalah buah yang mengandung banyak air oleh karena itu semangka bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh anda dan itu sangat penting untuk hidrasi.

2. Sumber vitamin

Semangka penuh beberapa vitamin seperti A dan C dan nutrisi lainnya. Tidak ada keraguan bahwa vitamin ini sangat penting bagi seorang calon ibu.

Vitamin A yang terkandung dalam semangka, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin. Selain itu, senyawa karotenoid vitamin A ini bermanfaat sebagai antioksidan yang lindungi tubuh dari radikal bebas. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

3. Membuang racun

Buah semangka memiliki sifat diuretik sehingga dapat membantu membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Mengkonsumsi semangka akan merangsang fungsi ginjal, membersihkan liver dan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Kandungan air yang banyak pada semangka dapat membantu untuk membuang racun dari tubuh seorang wanita hamil dan mencegahnya dari kelelahan.

4. Sumber vitamin B6 dan magnesium

Vitamin B6 dan magnesium adalah nutrisi yang dibutuhkan seorang wanita hamil untuk kesehatannya serta untuk kesehatan bayi yang dikandungnya. Jadi, cobalah untuk ngemil semangka di waktu senggang anda.

Berbagai penelitian telah dilakukan sehubungan dengan vitamin B6 dan kehamilan. Dalam studi kasus, ditemukan bahwa vitamin B6 dapat digunakan untuk pengobatan mual, muntah, dan gejala lainnya, yang banyak dialami wanita mengalami selama bulan-bulan awal kehamilan.

Magnesium adalah salah satu elemen penting selama kehamilan. Asupan yang tepat dari suplemen magnesium selama kehamilan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis dan meningkatkan tingkat toleransi sakit, sehingga menghasilkan proses kelancaran pengiriman dan juga mengoptimalkan  tekanan darah. Magnesium sulfat adalah pengobatan terbaik untuk mencegah kejang eklampsia pada ibu hamil yang mengalami hipertensi.

5. Meringankan mulas

Kehamilan membawa banyak komplikasi. Heartburn adalah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh calon ibu. Makan semangka merupakan cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Buah semangka dapat menyembuhkan mulas dengan cepat.

6. Mengurangi kram otot

Kram otot merupakan masalah umum lain yang sering terjadi selama masa kehamilan. Semangka adalah sumber yang kaya kalium dan magnesium, dan mineral ini akan membebaskan anda dari kram otot secara mendadak, yang umum diderita terutama setelah trimester ketiga masa kehamilan.

7. Mencegah pigmentasi kulit

Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi. Semangka dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun. Buah ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit.

8. Kaya akan lycopene

Semangka merupakan buah yang kaya likopen yang dapat membantu ibu hamil mengatasi morning sickness dan rasa mual. Selain itu, penelitian medis menunjukkan bahwa lycopene dapat mengurangi risiko preeaclampsia untuk ibu hamil dan bayinya.