Antioksidan adalah molekul yang dapat menghentikan proses oksidasi, sebuah proses yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu menghentikan proses oksidasi, sehingga akan menjaga sel-sel tetap sehat. Makanan yang kaya antioksidan dapat mencegah penyakit serius seperti kanker dengan menghilangkan radikal bebas dan racun dari dalam tubuh.

Antioksidan juga dapat memperlambat proses penuaan dan membuat anda terlihat lebih muda. Antioksidan juga membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meredam radikal bebas di dalam tubuh.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan adalah dengan asupan makanan yang kaya antioksidan. Satu harus makan banyak buah-buahan dan sayuran segar. Lemon, kacang-kacangan, ceri, tomat, jambu biji, ikan, beras merah, cranberry, dll, adalah beberapa sumber yang baik dari antioksidan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang merupakan sumber terbaik antioksidan yang dapat anda pilih sebagai menu harian anda:

1. Lemon

Jeruk lemon merupakan sumber vitamin C dan merupakan sumber yang kaya akan antioksidan. Jeruk limau juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Buah jeruk membantu membangun sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih baik. Jeruk bermanfaat positif untuk meredakan radang sendi polyarthritis, mengurangi peradangan terkait asma, radang sendi, menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah stroke, serta berbagai manfaat lainnya.

2. Kacang

Kacang kaya akan vitamin E, yang merupakan sumber besar untuk memasok antioksidan bagi tubuh. Vitamin E dapat disimpan dalam tubuh bersama dengan lemak di hati. Almond, pistachio, dan kacang adalah beberapa sumber antioksidan yang baik.

3. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, hal ini menjadikannya sebagai sumber antioksidan yang baik. Selain vitamin C, brokoli juga memiliki selenium yang dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Ikan

Ikan memiliki jumlah yang baik dari selenium yang membantu melindungi sel-sel tubuh manusia dari kerusakan. Mengkonsumsi berbagai jenis ikan akan memberikan kontribusi untuk sumber antioksidan yang tinggi.

5. Beras merah

Beras merah adalah bahan makan yang penuh nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Beras merah rendah akan kalori dan bebas gluten. Beras merah juga mengandung polifenol yang dapat membantu untuk menghentikan proses oksidasi.

6. Cranberi

Cranberries dikenal karena sifat antioksidan yang tinggi. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam cranberry dapat meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh. Selain itu buah cranberi juga mengandung vitamin C, potasium, sodium, zinc, dan zat besi dalam dosis yang tinggi. Cranberri dapat membantu anda menghindarkan dari resiko infeksi saluran kemih, mencegah tumor, meningkatkan kesehatan jantung, melindungi kesehatan gigi, mencegah penyakit pernapasan, dan mencegah obesitas.

loading...