Pilihan makanan saat sarapan dapat menentukan fresh atau tidaknya kita menjalani aktifitas hari itu. Sarapan yang mengandung tinggi kalori dan kaya lemak dapat membuat anda merasa lesu dan mengantuk di pagi hari. Pilihlah makanan yang seimbang dengan banyak protein dan kaya mineral, hindari sarapan kaya lemak seperti roti mentega dan keju.

Sarapan sangat penting untuk memulai aktifitas harian anda, jangan berpikir untuk melewatkan sarapan, sarapanlah meski sedikit. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan anda makan berlebihan pada saat makan siang. Sarapan yang seimbang dapat meningkatkan energi untuk aktifitas anda, dan mengekang anda untuk ngemil makanan untuk memuaskan rasa lapar, biasanya ngemil hanya diisi makanan yang tida sehat, banyak kalori dan gula.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dipilih untuk diikutkan dalam menu sarapan pagi:

1. Jeruk

Jeruk tidak hanya merupakan sumber yang kaya vitamin C, tapi buah ini juga kaya serat dan folat. Sifat antioksidan dari jeruk mencegah kerusakan sel dan membuat sistem tubuh bersih dan dengan demikian membantu anda untuk tetap aktif sepanjang hari.

2. Bawang putih

Kandungan anti bakteri dan anti jamur dalam bawang putih mampu menahan sebagian besar penyakit seperti penyumbatan arteri, kanker, dll. Sesuai studi terbaru, mengkonsumsi sekitar tujuh siung bawang putih seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Oat

Beta glucan, serat larut air yang hadir dalam gandum adalah benar-benar membantu dalam meminimalkan risiko hipertensi dan kolesterol. Satu porsi gandum dapat menjadikan hari anda menjadi energik dengan perut kenyang.

4. Minyak zaitun

Lemak monosaturated pada minyak zaitun meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan mengurangi tingkat kolesterol jahat. Oleh karena itu, tanpa mengorbankan selera, anda dapat membuat sarapan favorit anda dengan menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng atau memasaknya, misalnya telur dadar kesayangan anda, dan memulai hari anda dengan menyenangkan.

5. Telur

Sebagai sumber makanan yang kaya protein, makan telur dapat merupakan awal yang sehat untuk memulai hari anda. Menambahkan telur dalam sarapan akan menjaga anda dari kelaparan sepanjang hari dan antioksidan dalam telur dapat membantu menjaga tubuh tetap fit untuk melaksanakan semua tugas sehari-hari.

6. Kacang

Sama seperti minyak zaitun, kacang-kacangan seperti kenari juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan mengurangi kolesterol jahat. Menyertakan kacang-kacangan dalam makanan anda dapat menjamin kesehatan jantung yang lebih baik dan menjaga mood anda.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sumber yang kaya folat dan vitamin A, C, dan K. Makan salad brokoli atau sup brokoli akan melawan elemen penyebab kanker dengan memicu enzim detoksifikasi tubuh.

8. Teh

Antioksidan yang disebut flavonoid yang terkandung di dalam teh dapat meminimalkan risiko diabetes dan kanker. Teh yang kaya antioksidan akan meningkatkan kesehatan anda dan menjamin kehidupan bebas penyakit, sehingga minum secangkir teh setiap pagi akan membuat hari anda menjadi lebih sehat.

9. Yogurt

Yogurt tidak hanya sumber yang kaya kalsium, tetapi juga merupakan sumber yang sangat baik dari mineral seperti fosfor, vitamin B12, potassium dan seng. Bakteri baik yang ada dalam yogurt dapat meningkatkan pencernaan dan menghambat penyakit yang berkaitan dengan usus.

10. Bayam

Bayam yang mengandung rendah sodium dapat ditambahkan ke makanan sehari-hari untuk mengendalikan kadar tekanan darah. Menjadi sumber yang sangat baik dari zat besi dan kalsium, bayam meningkatkan sirkulasi darah dan meminimalkan risiko hipertensi.

loading...