Jahe (Zingiber officinale) telah sejak lama dimanfatkan oleh masyarakat, baik sebagai bumbu masak, berbagai minuman dan bahkan mengobati berbagai penyakit. Sebagai rempah-rempah, jahe mengandung banyak sifat obat, banyak orang biasa untuk memakan sepotong jahe setiap pagi di saat perut kosong. Tentu saja, jika anda alergi terhadap jahe maka anda harus menghindari melakukan hal seperti ini, karena dapat mengiritasi mulut dan juga dapat membuat perut tidak nyaman.

Tapi bagi orang lain, jahe memiliki banyak khasiat. Jahe berisi gingerol dan shogaols yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Jahe juga mengandung senyawa yang berperan melawan infeksi tertentu.

Untuk mengobati penyakit ringan tertentu, jahe dapat bekerja lebih baik daripada banyak obat. Bahkan, jahe adalah obat terbaik untuk sakit tenggorokan, kram saat menstruasi, gangguan pencernaan, sembelit, batuk dan pilek.

Berikut adalah 8 manfaat memakan jahe mentah:

1. Diabetes

Beberapa penderita diabetes yang minum air jahe di pagi hari sebelum minum atau makan apapun, mendapati bahwa kadar gula darahnya menjadi stabil.

Sebuah penelitian di University of Sydney menemukan bahwa jahe memiliki kekuatan untuk mengontrol glukosa dalam darah melalui sel otot. Ekstrak jahe mampu meningkatkan penyerapan glukosa pada sel otot secara independen dari insulin.

2. Peredaran darah

Jahe baik untuk sirkulasi darah. Beberapa orang menggunakan jahe dalam jumlah yang sangat kecil untuk memijat daerah-daerah tertentu untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Mengkonsumsi jahe secara rutin, juga mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya tidaklah sulit, andacukup mengambil air dari jahe tersebut atau menjadikan jahe ini sebagai wedang / seduhan.

3. Nafsu makan

Jika anda mengunyah sepotong jahe mentah sebelum makan makanan, nafsu makan akan meningkat.

Agen aktif zingerone yang terdapat pada jahe mampu menjadi obat mujarab untuk berbagai macam penyakit. Ketika anda mengalami gangguan pencernaan, maka anda akan lebih sering mual. Hal tersebut tentunya akan menurunkan secara drastis nafsu makan.

4. Sakit kepala

Jika anda menderita migrain, cobalah untuk mengobatinya dengan jahe. Menggiling sepotong kecil jahe menjadi pasta dan encerkan dengan air. Oleskan pada dahi anda.

Selain itu, minum air jahe juga bisa digunakan untuk obat nyeri sakit kepala. Caranya, anda bisa menghancurkan jahe dan mendidihkannya dengan air. Kemudian saring dan minum air jahe itu selagi hangat, alhasil nyeri sakit kepala anda perlahan berkurang.

5. Batuk

Rebus sepotong jahe dalam air dan tambahkan beberapa tetes lemon dan madu. Air jahe membersihkan sakit tenggorokan, batuk dan bahkan hidung tersumbat.

Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik, juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris jahe dan kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.

6. Sakit gigi

Memijat gusi anda dengan sepotong kecil jahe dapat meringankan sakit gigi. Anda juga bisa merebus sepotong jahe dalam air dan gunakan dengan cara berkumur-kumur. Jahe memiliki kandungan yang bersifat anti jamur dan anti bakteri.

7. Mencegah mual

Jahe membantu mencegah mual dan muntah. Studi menyatakan bahwa jahe bisa meredam sensasi mual, sehingga sangat membantu mengobati mual yang disebabkan morning sickness, mabuk laut, dan kemoterapi. Adapun caranya adalah kunyahlah sepotong jahe saat anda merasa mual.

8. Pencernaan

Rebus jahe dalam air dan campuran setetes madu sebelum diminum. Obat ramuan jahe ini dapat meningkatkan pencernaan.

Jahe juga bisa membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, memecah protein, dan membantu sistem pencernaan. Bukan cuma itu, jahe juga melindungi terhadap luka perut, sehingga menghindari segala jenis gangguan perut.

9. Meringankan nyeri haid

Jahe juga dapat membantu meredakan nyeri haid bila dikonsumsi pada masa awal menstruasi. Khasiat memang ini sudah dikenal dan bisa mengurangi kram perut dan kembung akibat menstruasi.

loading...