Makanan dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesehatan kita pada berbagai bagian tubuh tertentu. Ada makanan yang meningkatkan kesehatan kesehatan otak, kesehatan jantung, kesehatan hati dan paru-paru kita. Paru-paru adalah salah satu organ penting dari tubuh manusia, tanpanya tubuh tidak dapat berfungsi. Jadi, sangat penting untuk melindungi kesehatan atau paru-paru.

Orang cenderung membiarkan paru-paru berada pada resiko buruk setiap harinya, baik itu oleh asap rokok, atau karena pencemaran lingkungan, pola makan yang buruk, polusi industri atau gaya hidup yang tidak sehat, yang menjadi faktor yang berkontribusi untuk terkena berbagai penyakit. Faktanya terlibat pada teknik pembersihan paru-paru, berhenti merokok dan mengurangi paparan terhadap polutan lingkungan akan meningkatkan kesehatan paru-paru.

Namun, cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru kita adalah dengan mengikuti diet yang tepat. Asupan makanan sehat buat paru-paru setiap hari bisa membantu paru-paru kita untuk bekerja secara efisien dengan mencegah berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan paru-paru.

Berikut adalah 7 jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru:

1. Kacang

Asupan folat yang rendah adalah salah satu alasan akan terjadinya gangguan pada paru-paru. Oleh karena itu, kacang yang kaya akan folat, dapat mengurangi risiko berbagai gangguan yang berhubungan dengan paru-paru jika dikonsumsi sehari-hari.

Kacang-kacangan juga mengandung magnesium, suatu mineral penting yang dibutuhkan oleh paru-paru agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, magnesium juga penting untuk kesehatan jantung.

2. Ikan salmon

Salmon adalah makanan super lain untuk mencegah gangguan paru-paru. Asam lemak omega-3 yang banyak terkandung dalam ikan salmon terkait dengan aktivitas anti-inflamasi seluruh tubuh, termasuk paru-paru. Kualitas anti-inflamasi dan antioksidan dalam salmon dapat mengurangi risiko asma.

3. Jahe

Jahe juga dapat digunakan untuk mencegah gangguan paru-paru. Jahe memiliki kemampuan untuk membersihkan jalan napas dan detoksifikasi tubuh. Hal ini membantu untuk membuang racun dari saluran pernapasan. Kandungan zat anti-inflamasi dan antikanker dalam jahe akan menjaga paru-paru tetap aman.

Jahe dapat melegakan paru-paru dan mengurangi lendir karena jahe adalah ekspektoran alami yang dapat mencairkan dan menghilangkan dahak.

4. Bawang putih

Flavonoid yang terkandung dalam bawang putih merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen. Bawang putih dapat mendetoksifikasi paru-paru secara alami dan melindunginya.

Sebuah penelitian terbaru di China menyebutkan bahwa makan bawang putih mentah dua kali seminggu mampu menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 44 persen.

5. Wortel

Karoten dalam wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Makan wortel mentah memberikan manfaat maksimal ke paru-paru. Properti antioksidan wortel berperang melawan kanker paru-paru.

Wortel mengandung senyawa falcarinol yang terbukti efektif melindungi paru-paru dari berbagai polutan pemicu kanker.

6. Labu

Kalium, magnesium, vitamin C dan berbagai karotenoid yang terdapat dalam labu dapat melindungi kesehatan paru-paru. Labu juga menurunkan tingkat stres oksidatif dan mencegah kanker paru-paru di dalam tubuh.

7. Ceker ayam

Beberapa cara tradisional juga bisa dilakukan untuk menghambat dan menghancurkan sel kanker paru-paru, salah satunya adalah menggunakan ceker ayam sebagai bahan utamanya. Ambillah ceker ayam sebanyak 50 gram, lalu rebuslah dengan 3 gelas air dan sisakan menjadi 1 gelas, kemudian minumlah secara rutin selama satu bulan penuh.

loading...