Pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kalium yang terkandung dalam pisang memberikan banyak manfaat, antara lain mengontrol tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Pisang juga mengandung vitamin yang tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, kandungan vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin). Kandungan vitamin B6 pada pisang cukup tinggi, vitamin B6 ini berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat dan mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah 9 manfaat pisang untuk kesehatan anda:

1. Kaya kandungan vitamin dan serat

Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Meningkatkan suasana hati

Tryptophan, senyawa yang terdapat dalam pisang membantu anda rileks dan meningkatkan suasana hati anda, karena tryptophan akan dikonversi menjadi serotonin. Serotonin adalah suatu neurotransmiter yang terdapat di dalam sistem saraf, yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang.

3. Mengontrol tekanan darah

Makan 3 buah pisang setiap hari dapat mencegah masalah tekanan darah berkat kandungan kalium di dalamnya.

4. Mengobati mabuk

Sebuah fakta mengejutkan adalah bahwa pisang dapat menyembuhkan mabuk alkohol.

5. Penggumpalan darah

Penelitian mengatakan bahwa makan 3 buah pisang sehari dapat meminimalkan kemungkinan pembekuan darah terutama di otak. Hal ini adalah berkat kandungan kalium di dalamnya.

6. Mencegah anemia

Pisang juga mengandung zat besi, dan zat besi memainkan peran dalam produksi hemoglobin dan mencegah anemia.

7. Sembelit

Pisang mengandung banyak serat, hal ini baik bagi orang yang menderita sembelit. Pencernaan anda akan lebih baik jika anda rutin makan pisang.

8. Menenangkan perut

Jika anda rutin memakan pisang setiap hari, hal ini dapat menenangkan perut dan mengurangi iritasi pada lapisan lambung.

9. Menyehatkan tulang

Studi tertentu juga mengatakan bahwa kandungan potasium pada pisang dapat mencegah kerusakan tulang.

loading...