Kita adalah apa yang kita makan dan kita adalah apa yang kita tidak makan. Memakan makanan sehat akan menyehatkan tubuh dan begitu sebaliknya. Banyak makanan sehat yang diresepkan oleh ahli kesehatan ternyata juga merupakan makanan anti-kanker. Untuk membunuh atau setidaknya meminimalkan resiko berkembangnya kanker, anda perlu memakan sayuran atau buah-buahan tertentu.

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, ini adalah pepatah klasik yang tetap berlaku dan akan selalu berlaku. Oleh karena itu, memasukan makanan anti-kanker ke dalam menu makanan harian anda merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat mencegah kanker, membunuh kanker atau memperlambat pertumbuhannya:

1. Tomat

Lycopene adalah antioksidan yang dapat mencegah kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat. Tomat (Lycopersicum esculentum) mengandung lycopene.

Menurut Balai Besar Pertanian, kandungan likopen per 100 gr dalam tomat segar adalah 4,28 mg, pasta tomat encer 31,09 mg, pasta tomat sedang 50,93 mg dan pasta tomat kental 67,25 mg.

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan anti-inflamasi dan juga anti-kanker, oleh karena itu jahe dapat dikonsumsi secara teratur untuk mencegah pertumbuhan kanker. Dalam penelitian yang diterbitkan British Journal of Nutrition, jahe bahkan disebut membunuh sel-sel kanker di prostat, ovarium, dan kanker kolorektal.

Jahe efektif membunuh sel-sel kanker dengan efek samping yang lebih sedikit, toksisitas kurang dan tidak ada kesempatan untuk mengembangkan resistensi obat, jahe bermanfaat bagi pasien kanker ovarium.

Juga penelitian di China pada tahun 2013 mengungkap bahwa zat dalam jahe memiliki kemampuan untuk menyebabkan kematian sel (apoptosis) pada sel kanker darah pada manusia.

3. Wortel

Beta-karoten merupakan anti-oksidan dalam wortel yang dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Wortel juga dapat melindungi sel-sel tubuh anda dari berbagai jenis kerusakan.

Wortel diketahui mengandung falcarinol, sebuah antioksidan yang bisa menangkal kanker. Peneliti selama ini menemukan pengecilan tumor dan penyembuhan kanker payudara akibat zat tersebut.

Risiko memiliki kanker payudara berkurang 44% pada wanita yang mengkonsumsi bayam dan wortel. (Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention, November 1997)

Penulis buku anak, Ann Cameron, mengaku telah menyembuhkan kanker ususnya yang sudah pada stadium empat dengan mengonsumsi jus wortel setiap hari. Berdasarkan pengalamannya, Cameron mengklaim bahwa wortel bisa menyembuhkan kanker tanpa kemoterapi, radiasi, atau perawatan kanker lainnya.

4. Bawang putih

Kita semua tahu bahwa bawang putih merupakan zat anti-kanker. Kandungan sulfur dalam bawang putih dapat melawan sel-sel kanker dan memperlambat pertumbuhannya. Bawang putih bisa mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker payudara, usus besar dan prostat.

5. Delima

Delima mengandung zat anti-inflamasi dan juga mengandung anti-oksidan. Makanlah delima langsung tanpa membuat jusnya untuk menghindari kelebihan gula.

Mungkin belum banyak diketahui bahwa delima ini dapat menyebabkan sel-sel kanker merusak dirinya atau merangsang apoptosis (proses bunuh diri sel kanker).

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa jus delima yang tidak diberi pemanis akan memicu apoptosis sel kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat dengan mengaktifkan gen dan enzim yang  berfungsi dalam mengatur apoptosis pada sel-sel kanker.

6. Kacang-kacangan

Zat fitokimia yang terdapat dalam kacang-kacangan dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Zat nutrisi yang terdapat dalam kacang-kacangan juga dapat mencegah kanker pankreas.

Jenis yang paling umum dari kanker yang menyerang orang dewasa diantaranya yaitu kanker payudara, hati, usus, prostat dan lambung. Tidak hanya kacang saja yang secara ampuh mampu mengurangi risiko semua jenis kanker,  tetapi ekstrak dari kacang-kacangan, yang disebut IP6,  menurut suatu penelitian juga mampu sebagai obat untuk memerangi kanker.

7. Kunyit

Kurkumin merupakan anti-oksidan yang terdapat dalam kunyit yang dapat melawan sel-sel kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan bubuk kunyit dalam masakan anda.

Kandungan curcumin dalam kunyit bekerja sangat luar biasa untuk menghambat bertumbuhnya sel kanker dan juga membantu dalam kinerja obat kanker dalam melawan sel kanker supaya tidak semakin menyebar.

8. Anggur

Resveratrol yang terdapat dalam buah anggur dan berrry dapat menghancurkan sel-sel kanker dan juga dapat meminimalkan peradangan dalam tubuh anda.

Ketika kita mengkonsumsi anggur yang telah mengandung resveratol, resveratol tersebut akan meningkatkan konsentrasi antibodi dalam tubuh kita dan mampu menikam perkembangan pesat dari sel yang tak sehat seperti sel tumor atapun sel kanker, jadi dengan mengkonsumsi anggur Anda akan terjauh dari tumor dan kanker.

9. Strawberi

Stroberi mengandung ellagic acid dan Vitamin C yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Berries dikenal dapat mencegah kanker perut, kerongkongan, paru-paru dan mulut.

10. Teh hijau

Katekin yang terkandung dalam teh hijau bisa mencegah kanker. Juga, senyawa tertentu dalam teh hijau dapat membersihkan liver anda.

Studi terbaru di Pennsylvania State University, berhasil menemukan bahwa teh hijau ternyata ampuh dalam membunuh sel kanker di area rongga mulut. Usai studi ini dikembangkan lebih lanjut, manfaat dari teh hijau ini juga ampuh dalam menyembuhkan aneka kanker lain di dalam tubuh.

11. Bayam

Bayam dapat mencegah kanker kerongkongan. Senyawa tertentu seperti lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam bayam dapat membersihkan tubuh anda dan mencegah beberapa jenis kanker.

Para ilmuwan di Jepang mempelajari beberapa glyconutrients dari bayam dan menemukan manfaat dari bayam seperti : menghambat kerusakan DNA, pertumbuhan sel kanker, dan pertumbuhan tumor.

Bayam juga baik untuk memerangi kanker ovarium juga, demikian menurut sebuah studi yang dirilis dari Harvard Medical School yang mengevaluasi hubungan antara asupan flavonoid diet dan risiko kanker ovarium.

Beberapa penelitian manfaat bayam, juga mendapat hasil yang positif  untuk kanker prostat dan kanker payudara.

12. Sayuran lainnya

Brokoli, kol dan kubis, bahkan daun singkong, diketahui dapat mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker mulut, kanker lambung dan kanker esophagus.

loading...