Bahkan meskipun termasuk menyehatkan, makanan dapat menimbulkan risiko kesehatan tertentu terutama bila makanan tersebut tidak diproses dengan baik. Juga, ketika tingkat kekebalan tubuh anda melemah karena anda yang super sibuk atau stres akibat pekerjaan sehari-hari, maka anda harus lebih memperhatikan jenis makanan yang anda makan karena beberapa jenis makanan bisa menyebabkan anda sakit.

Misalnya, suatu saat anda minum dari jajanan di pinggir jalan dan anda menjadi sakit tenggorokan, padahal biasanya tidak. Mungkin ada dua alasan di balik hal ini, salahsatunya mungkin akibat air yang tidak bersih dan hal lainnya bisa saja akibat daya tahan tubuh anda yang sedang drop.

Ketika anda makan makanan yang terkontaminasi, anda mungkin menderita penyakit bawaan makanan tersebut. Bakteri atau virus atau mikroorganisme lainnya dapat mencemari makanan terutama selama pengolahan, menyimpan atau saat memasak makanan. Makanan seperti itu dapat menyebabkan muntah, demam, diare dan masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari situasi seperti itu, lebih baik untuk menghindari makan makanan tertentu terutama ketika tingkat kekebalan anda sedang melemah.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus anda hindari ketika daya tahan tubuh anda sedang melemah:

1. Tiram

Tiram sedapat mungkin harus dihindari karena umumnya tiram sangat mudah menjadi tempatĀ  pertumbuhan mikroba. Selain itu, tiram juga memiliki resiko kesehatan yang relatif tinggi, ini terjadi karena tiram menyaring banyak air untuk memperoleh makanannya, dan karena itu kemungkinan besar bakteri dan virus yang terdapat di dalam air terkumpul di dalam tiram.

2. Kecambah mentah

Meskipun menyehatkan, kecambah bisa meningkatkan kemungkinan penyebaran bakteri terutama ketika kecambah mentah tidak dibersihkan dengan benar. Lebih baik jika anda memasaknya lebih dahulu terutama ketika kekebalan tubuh anda lemah.

3. Sayuran mentah

Sebagian besar dari kita cenderung lebih memilih untuk membeli sayuran utuh dari pasar. Tetapi pastikan untuk mencucinya sampai bersih dengan air mengalir sebelum memakannya atau memasaknya. Sayuran bisa menjadi sumber kontaminasi bakteri karena tempat tumbuhnya atau bahkan sisa-sisa pestisida yang masih menempel.

4. Susu mentah

Minum susu segar yang tidak diolah dapat menimbulkan resiko penyakit, susu mentah telah dikaitkan dengan lebih dari setengah penyakit yang berasal dari semua makanan berbahan dasar susu. Peneliti mengklaim susu mentah berisiko terkontaminasi mikroba yang umum ditemukan dalam susu, termasuk spesies Salmonella, Campylobacter, dan Listeria serta mikroba yang paling berbahaya, E. coli.

Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan pada manusia, seperti diare, muntah, kram, demam, dan kadang-kadang konsekuensi lebih serius seperti gagal ginjal atau kematian.

Oleh karena itu, minumlah susu yang telah pasteurisasi, yang lebih sehat, bersih, dan rasanya lebih enak.

5. Telur mentah

Telur mentah dapat mengandung salmonella, yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Meskipun hal itu tidak terjadi setiap kali anda makan telur mentah, lebih baik untuk menghindari risiko.

Juga telur mentah dapat menyebabkan alergi. Pada saat dikonsumsi dalam keadaan mentah, kandungan zat Lysozyne yang merupakan protein dalam telur dapat memiliki reaksi sebagai antigen dalam tubuh yang dapat menimbulkan resiko alergi bagi yang mengkonsumsinya, terutama bagi mereka yang tidak tahan terhadap protein-protein telur. Alergi biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal-gatal serta ruam pada kulit.

6. Daging

Jika anda tidak yakin bagaimana daging diproses, sebaiknya hindari untuk membeli daging tersebut untuk menghindari anda memakan makanan yang terkontaminasi.

Daging dapat menyebarkan bakteri dan meningkatkan risiko keracunan makanan pada tubuh, termasuk bakteri Campylobacter, Salmonella, E. Coli, dan enterokokus. Bakteri ini menjadi salah satu penyebab paling umum seseorang mengalami keracunan makanan.

7. Jus kemasan

Jus kemasan bahkan beresiko dapat mengandung bakteri akibat proses pembuatan yang tidak higienis. Oleh karena itu minumlah jus segar dan pastikan anda membuatnya dengan baik.