Hipertensi dan kolesterol adalah penyakit saat ini banyak menjadi trend di sekitar kita, dan penyakit ini bisa membunuh. Saat ini gaya hidup kita menjadi sangat buruk dibanding sebelumnya, sehingga banyak penyakit yang bermunculan dijumpai di masyarakat yang sebelumnya tidak dikenal.

Banyak cara alami untuk mengobati masalah kesehatan, cobalah cara ini untuk mengatasi hipertensi dan kolesterol, tentu saja setelah anda berkonsultasi dengan dokter.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain bawang putih, jahe, madu, cuka sari apel dan jus lemon. Blender semua bahan dan buang airnya. Simpan di lemari es dan makanlah dalam jumlah kecil 2 kali setiap hari. Makan satu sendok teh di pagi hari sebelum anda makanĀ  satu sendok lainnya sesudah anda makan makanan terakhir hari itu. Setelah beberapa hari, anda akan merasakan manfaatnya pada kadar kolesterol dan tekanan darah anda.

Berikut adalah 7 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah anda:

1. Makanlah makanan ini

Masukkan lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan daging tanpa lemak dalam makanan harian anda. Jauhi makanan cepat saji dan makanan kaleng.

2. Batasi asupan garam

Kurangi penggunaan garam dalam makanan anda, menghindari makanan asin seperti keripik, dan hindari makan makanan kaleng. Penurunan asupan garam 5mg/hari dapat mencegah hipertensi, memudahkan pengendalian tekanan darah pada pasien yang sedang dalam pengobatan dan dapat mencegah kejadian kardiovaskuler pada pasien yang kelebihan berat badan

3. Tetap aktif

Pastikan bahwa anda selalu aktif secara fisik, minimal sekitar 30 menit setiap harinya. Tanpa aktivitas fisik, anda mungkin akan banyak ditimpa berbagai masalah kesehatan.

4. Berhenti merokok

Orang dengan tekanan darah tinggi perlu segera untuk berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

5. Berhenti minum alkohol

Batasi asupan alkohol atau lebih baik lagi berhentilah minum alkohol sama sekali untuk mengontrol hipertensi anda.

6. Kurangi berat badan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang gemuk yang dapat menurunkan 5 kg berat badannya dapat meminimalkan tekanan darah mereka. Jika BMI anda tinggi, fokus pada penurunan berat.

7. Periksa kesehatan secara rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memonitor semua aspek kesehatan anda, sehingga apabila terdapat masalah kesehatan dapat diketahui dan diatasi sedini mungkin. Tetaplah untuk rutin mengunjungi dokter keluarga anda.

loading...