Ginjal berperan dalam detoksifikasi tubuh dan memurnikan darah, jadi sangat penting bagi anda untuk memiliki ginjal yang sehat.

Orang yang menderita diabetes lebih rentan terhadap kerusakan ginjal. Bahkan dehidrasi dapat merusak ginjal atau membentuk batu ginjal yang dapat benar-benar menyakitkan. Untuk meningkatkan kesehatan ginjal, ada banyak makanan yang dapat dimasukkan dalam daftar makanan harian anda.

Untuk mempromosikan ginjal sehat, anda harus olahraga secara teratur, memakan makanan sehat, sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air. Hindari makanan yang kaya gula (terutama jika anda adalah seorang penderita diabetes). Bahkan tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal anda, sehingga monitorlah selalu gula darah anda agar berada dalam rentang yang normal.

Ada banyak makanan yang dapat menyehatkan ginjal anda, seperti contoh di bawah ini, bahkan makanan tersebut bukan hanya untuk ginjal, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Berikut adalah jenis makanan yang bagus buat ginjal anda:

1. Bawang putih

Bawang putih adalah makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan darah yang mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

2. Berbagai jenis berries

Berries seperti strawberi, cranberry, raspberry dan blueberry memiliki nutrisi yang ramah ginjal dan sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

3. Paprika merah

Orang yang menderita penyakit ginjal atau bukan harus menyertakan makanan super ini dalam makanannya karena segudang manfaatnya. Paprika merah rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C, dan B6), asam folat dan serat yang dapat menjaga ginjal tetap sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

4. Kecambah

Kecambah merupakan makanan super lainnya yang sayang jika anda lewatkan dalam makanan harian anda yang berguna untuk menjaga ginjal tetap sehat. Kecambah dapat membersihkan ginjal dan mengurangi resiko batu ginjal.

5. Kubis atau kol

Kubis dapat meningkatkan fungsi ginjal dan kubis sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

6. Apel

Anggur, ceri dan apel adalah buah-buahan sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Makan apel setiap hari dapat menjaga ginjal anda tetap sehat.

7. Minyak zaitun

Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung asam lemak anti-inflamasi yang menurunkan oksidasi dan mempromosikan ginjal sehat.

8. Bawang

Bawang dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Makan bawang juga dapat mendetoksifikasi dan membersihkan ginjal.

9. Anggur merah

Anggur merah adalah makanan sehat untuk ginjal yang harus anda sertakan dalam makanan harian anda. Anggur merah mengandung flavonoid yang mengurangi kemungkinan bekuan darah dan oksidasi. Anggur merah menurunkan kemungkinan penyakit jantung dan ginjal.

10. Ceri

Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan mempromosikan kesehatan ginjal.

11. Putih telur

Putih telur kaya akan asam amino dan rendah fosfor. Hal ini membuat putih telur sebagai salah satu makanan super yang sehat untuk ginjal.

12. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga melindungi ginjal dari penyakit. Salmon, rainbow trout, mackerel, herring dan tuna adalah jenis-jenis ikan yang baik untuk kesehatan ginjal anda.

loading...