Memakan makanan sehat setiap hari adalah cara terbaik untuk meningkatkan stamina dan energi, selain itu ada juga makanan 'super' yang karena kandungannya bisa meningkatkan stamina dibanding makanan lain. Nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat dan vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina. Nutrisi ini juga menjaga seseorang tetap aktif sepanjang hari.

Karbohidrat kompleks adalah sumber utama bahan bakar bagi tubuh dan otak. Karbohidrat kompleks tersedia dalam roti, pasta dan nasi. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari pilek, flu dan penyakit ringan lainnya. Vitamin C berperan dalam melawan patogen penyebab penyakit dan membuat tubuh tetap bugar.

Sedangkan protein merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Protein juga meningkatkan rasa kenyang dan mencegah orang dari makan berlebihan. Sumber protein yang sehat antara lain ayam tanpa lemak, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Besi juga merupakan nutrisi penting untuk dimasukkan dalam diet harian anda. Kurangnya kadar besi dalam tubuh akan menyebabkan lesu dan lelah.

Jadi, sangat penting untuk memakan makanan yang dapat meningkatkan stamina secara alami agar tubuh tetap fit untuk melaksanakan berbagai fungsi tubuh.

Berikut adalah enam jenis makanan yang dapat meningkatkan stamina anda:

1. Apel

Apel kaya akan antioksidan, tinggi serat larut, vitamin dan mineral yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel bermanfaat dalam detoksifikasi hati, mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Serat yang terkandung dalam apel menjaga ketersediaan energi untuk jangka waktu yang panjang.

2. Almond

Almond kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3 yang menyediakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Almond berguna untuk membangun tulang yang kuat, menyehatkan otak dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Kacang

Kacang mengandung zat besi, serat, karbohidrat, protein dan mineral. Karena kandungannya, kacang menyediakan nutrisi penuh dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh.

4. Beras merah

Beras merah kaya akan serat dan vitamin B kompleks. Hal ini membantu untuk memperlancar proses pencernaan, karena sedikitnya kandungan zat tepung. Hal ini juga memberikan perasaan kenyang dan membuat satu perasaan energik untuk jangka waktu yang lama.

5. Pisang

Pisang merupakan sumber yang kaya karbohidrat, serat dan fruktosa. Karena kandungannya, pisang memberikan dorongan energi instan dan meningkatkan stamina. Selain itu, pisang juga membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

6. Jus bit

Bit kaya akan vitamin A dan C. Vitamin ini membantu untuk membangun stamina dengan mengurangi kelelahan. Jus bit membantu untuk menghilangkan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi.

loading...