Makan makanan sehat setiap hari wajib anda lakukan, untuk menyediakan energi harian dan menjaga kondisi tubuh anda. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa membuat tubuh anda seperti tempat sampah dan menjadikan tubuh anda tidak sehat. Ini akan membuat anda kekurangan energi, lemah dan lesu.

Tetapi, dalam kondisi tertentu, bahkan makanan sehat dan memiliki kandungan gizi tinggi juga bisa menjadi tidak sehat. Apakah makanan itu masih mentah? Belum dibersihkan? sehingga mengandung bakteri? Atau makanan itu telah telah lama dimasak sehingga menjadi terpapar bakteri? Bisa saja makanan itu menjadi sumber penyebaran kuman.

Jenis-jenis makanan di bawah ini adalah makanan yang menyehatkan, tetap anda harus berhati-hati sebelum memakannya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang anda harus berhati-hati memakannya:

1. Kecambah

Kecambah mentah baik untuk dikonsumsi sebagai salad yang sehat. Tapi, biasanya kecambah mentah mengandung banyak bakteri. Jika anda ingin makan kecambah, pastikan anda mencucinya dengan bersih dan sebaiknya memasaknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

2. Makanan sisa

Ketika sup dan bubur yang tersisa selama lebih dari satu jam, maka ada kemungkinan bahwa pada makanan tersebut telah terbentuk spora beracun. Jika benar, hal ini dapat membuat anda sakit setelah memakannya. Jadi, pastikan anda tidak menyimpan sup untuk waktu lama atau simpanlah dengan benar.

3. Nasi yang disimpan lama

Jika nasi telah disimpan selama lebih dari 15 jam, maka bisa menjadi berbahaya. Bacillus cereus, sebuah bakteri penghasil racun dapat ditemukan pada nasi dan dapat menyebabkan penyakit gastroenteritis dengan gejala mual, kejang perut, diare berair, dan muntah-muntah.

4. Salad telur

Sebuah bakteri yang dikenal sebagai Staphylococcus suka tumbuh di piring buatan tangan yang kondisinya lembab. Jika tidak dikonsumsi dalam waktu satu jam atau lebih, bakteri cenderung untuk berkembang biak. Jadi, hati-hati dan buanglah sisa telur salad yang tidak habis.

5. Salad buah

Makan sebutir buah lebih bergizi dan sehat bila dibandingkan dengan membuatnya menjadi salad buah, buah yang diolah cenderung untuk lebih mudah terkena patogen dan terpapar bakteri. Jika anda tetap cenderung untuk lebih suka makan salad buah, maka pastikan anda mengkonsumsinya dalam waktu satu jam setelah dibuat, untuk menghindari paparan bakteri.

6. Produk susu yang tidak dipasteurisasi

Ada banyak bakteri yang didapat dari makanan asal hewan, dan hal ini juga bisa menyebarkan bakteri. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah produk susu yang sudah dipasteurisasi.

loading...