Bawang putih atau Allium sativum, telah diakui sebagai makanan sehat. Berbagai manfaatnya bagi kesehatan antara lain menurunkan berat badan, mencegah hipertensi, melindungi jantung, mengandung zat anti kanker, mengandung antioksidan dan anti anti mikroba / bakteri.

Bawang putih dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, bisa dimakan secara utuh atau digiling menjadi pasta halus atau bubuk atau dapat juga dikonsumsi dalam bentuk suplemen lain seperti ekstrak bawang putih dan minyak bawang putih.

Beberapa orang mungkin tidak suka akan bawang putih karena baunya, yang bisa menempel di tangan sewaktu mengupasnya atau tercium di mulut setelah memakannya.

Berikut adalah beberapa khasiat bawang putih buat kesehatan:

1. Bawang putih adalah gudang dari vitamin dan mineral

Bawang putih yang sarat dengan kandungan vitamin dan mineral seperti mangan, selenium, vitamin C, vitamin B6 dan serat. Selain ini, juga memiliki mineral kalium, fosfor, zat besi, kalsium, tembaga dan vitamin B1.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut survei, konsumsi rutin bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi flu dan gejalanya dengan hampir 63%. Bawang putih juga mengandung antioksidan.

3. Mengurangi tekanan darah

Bawang putih memiliki senyawa yang disebut polysulphide. Sel-sel darah merah mengkonversi polisulfida ini menjadi hidrogen sulfida, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan dengan demikian membantu dalam menurunkan tekanan darah. Orang dapat memakan langsung umbi bawang putih atau mencampurkannya dengan masakan untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Mengontrol berat badan

Konsumsi secara teratur bawang putih dapat membantu tubuh untuk mengurangi timbunan lemak. Bawang putih juga dapat menekan nafsu makan anda dengan merangsang pusat kenyang di otak dengan bau yang kuat.

5. Mencegah penggumpalan darah

Bawang putih memiliki senyawa yang disebut ajoene. Ajoene memiliki sifat anti-pembekuan yang membantu dalam mencegah pembekuan darah. Dengan demikian, konsumsi secara teratur bawang putih dapat mencegah pembekuan darah dan juga membuat anda aman dari risiko pembekuan darah pasca operasi dan penyakit kardiovaskular.

6. Melindungi jantung

Menambahkan bawang putih secara teratur dalam masakan dapat membantu anda untuk mempertahankan elastisitas arteri. Bawang putih juga berperan dalam melawan radikal bebas dan melindungi jantung. Ajoene yang ditemukan dalam bawang putih memiliki sifat anti-pembekuan yang membantu dalam mencegah pembekuan darah. Polisulfida yang ditemukan dalam bawang putih membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Semua ini bersama-sama membantu dalam menjaga jantung anda tetap sehat.

7. Mengurangi kolesterol jahat

Allicin adalah senyawa yang terdapat dalam bawang putih. Alicin membantu dalam memoderasi kadar trigliserida yang ditemukan dalam darah, sehingga menurunkan tingkat kolesterol total dalam tubuh.

8. Mencegah kekurangan zat besi

Diallyl sulfida yang ditemukan dalam bawang putih dapat meningkatkan metabolisme besi dengan meningkatkan produksi ferroportin yang membantu dalam penyerapan dan pelepasan besi. Oleh karena itu, bawang putih dapat mencegah kekurangan zat besi dan menghindarkan anda dari anemia.

loading...